FGD PENGUATAN LEARNING FORUM DALAM RANGKA PILOTING TERKAIT ISU TEMATIK

4 0 220
Gambar untuk FGD PENGUATAN LEARNING FORUM DALAM RANGKA PILOTING TERKAIT ISU TEMATIK
FGD PENGUATAN LEARNING FORUM DALAM RANGKA PILOTING TERKAIT ISU TEMATIK

Jon Rantepadang di Barru
Learning Forum (LF) Yassiberrui sebagai bagian dari PPO DAUN Hijau dalam implementasi isu tematik perlu mengambil peran dalam rangka penyadaran masyarakat khususnya yang terkait dengan advokasi layanan administrasi kependudukan, demikian harapan Drs, Nasaruddin, Kepala DInas Kependudukan dan Pencatatasn Sipil Kabupaten Barru pada saat FGD di aula Cafe 212 Barru (2/6/2021).
Pengawasan dan Advokasi Warga Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan merupakan isu tematik yang diusung PPO Daun Hijau untuk meningkatkan kualitas layanan kependudukan . Untuk menghasilkan outcomes sesuai dengan harapan tentunya diperlukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder salah satunya adalah Forum Yassiberrui yang beranggotakan 7 LSM/CSO.
Pada FGD dipaparkan tentang rencana kegiatan di lokasi piloting yang akan dilakukan di 1 desa, 1 kelurahan terkait dengan layanan kependudukan dan OPD Disdukcapil. Pemilihan lokasi piloting/modelling berdasarkan pertimbangan geografis yang mengakomodir wilayah pesisir/kelurahan dan pegunungan/desa, serta sektor kota/ Disdukcapil.
Implementasi kegiatan yang dibahas terbagi atas 3 tahapan, 1) Tahap Pertama - Penyepakatan Rencana Aksi Bersama Terkait pengawasan dan advokasi warga dalam pelayanan administrasi kependudukan yang bertujuan untuk memastikan, mengkonfirmasi serta menyepakati Rencana Aksi tematik terkait peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan, 2) Tahap Kedua – Penyepakatan disain piloting Pengawasan dan advokasi warga dalam pelayanan administrasi kependudukan bertujuan untuk mereview pemantapan rencana aksi dan disain model pengawasan dan advokasi warga dalam pelayanan administrasi dan tools akuntabilitas sosial yang akan diterapkan, 3) Tahap Ketiga – Pelaksanaan Modeling/Piloting di 2 desa/kelurahan dan OPD Disdukcapil. Tahapan ketiga ini adalah tahapan penting yaitu proses pelaksanaan piloting Pengawasan dan advokasi warga dalam pelayanan administrasi kependudukan.
Pada tahap ketiga ini ada beberapa kegiatan utama yang akan dilakukan oleh PPO DAUN HIJAU yaitu pembentukan Forum warga, penyusunan SOP Layanan Kependudukan dan SOP Penanganan Pengaduan, pelatihan SDM dan sosialisasi pentingnya dokumen kependudukan.
Dari ketiga tahapan kegiatan ini, diharapkan tercapai beberapa output utama diantaranya; Terbentuknya forum warga, tersusunnya SOP layanan kependudukan dan SOP Penanganan Pengaduan, masyarakat memahami pentingnya dokumen kependudukan dan meningkatnya kualitas SDM.
Kegiatan akhir adalah melakukan monitoring terhadap pelaksanaan layanan kependudukan.
PPO DAUN HIJAU juga akan melakukan serangkaian kegiatan advokasi untuk memastikan komitmen dan dukungan pemda pada peningkatan kualitas layanan kependudukan.
Untuk meningkatkan keterlibatan dan peran pemerintah desa/kelurahan dan masyarakat dalam pengawasan dan advokasi layanan adminduk, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ; (1) monitoring layanan adminduk di desa Harapan dan Kelurahan Mangkoso (lokasi pilot project) (2) pengolahan data aduan masyarakat terhadap layanan adminduk di desa/kelurahan piloting dan menyampaikannya kepada pihak terkait.
Pada FGD disepakati pembagian peran masing-masing, baik Pemerintah Desa/Kelurahan, Disdukcapil, Media, CSO, PPO Daun Hijau dan Forum Yassiberrui.
Semoga implementasi kegiatan berjalan dengan lancar yang akan menghasilkan praktek-praktek baik yang dapat direplikasi ke desa/kelurahannya lainnya, ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar