Festival Oling, Tawarkan Sensasi Makan Sidat di Tepi Sungai Jernih

2 0 99
Gambar untuk Festival Oling, Tawarkan Sensasi Makan Sidat di Tepi Sungai Jernih
Kabupaten Banyuwangi memiliki cara yang menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Dinas PU Pengairan Banyuwangi menggelar sebuah festival kuliner di sebuah dam sungai yang apik, Oling River Food Festival.

Festival tersebut berlangsung di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo. Sambil menikmati keindahan dan kebersihan sungai di kawasan Dam Limo, pengunjung diajak menikmati makanan khas setempat, yakni ikan sidat, yang biasa dikenal dengan oling oleh penduduk setempat.

Plt Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan bahwa Dam Limo mengaliri 6.422 ha sawah di dua kecamatan yaitu Tegaldlimo dan Purwoharjo, Dam ini dibangun sejak zaman Belanda pada tahun 1925.

Makanan yang khas di sini, kata Guntur, adalah ungkep oling gulung kuming (pepesan sidat). "Kalau di Jepang ada masakan unagi, tapi di sini sudah disesuaikan dengan lidah orang Tegaldlimo sehingga rasanya luar biasa," kata Guntur.

Sri Wahyuni, salah satu pemilik lapak kuliner oling mengaku satu porsi ungkep oling gulung koming cukup dengan 35 ribu rupiah sudah termasuk nasi, lalapan dan sambal. "Kami sudah ambil irisan setelah dipotong-potong lalu dimasukkan ke air hangat sebentar kemudian dipepes dan diungkep memakai serundeng laos," jelasnya.

Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Lowongan CPNS di DPR RI 2021


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Sehat dengan SAMILAKOR

  4. 3
    Komentar