Festival Nglarak Blarak Girimulyo

2 0 274
Gambar untuk Festival Nglarak Blarak Girimulyo
Girimulyo.atmaGo.com

Dalam Menyambut HUT ke-68 Kabupaten Kulonprogo, diadakan Festival 'Nglarak Blarak' 2019. Kompetisi unik ini adalah dimana pemainnya menarik pelepah pohon kelapa yang dinaiki oleh pemain lainnya.

'Ngalarak Blarak' sendiri merupakan permainan tradisional khas Kulonprogo yang juga pernah dipertandingkan di tingkat nasional hingga internasional.

Kompetisi Nglarak Blarak kali ini digelar oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, yang jatuh di Kecamatan Girimulyo. Di ikuti oleh 4 desa. Bertempat di lapangan Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo. Jumat, (11/10/2019).

Menurut Joko Mursito (Sekretaris Dinas Kebudayaan Kab Kulon Progo) mengatakan bahwa festival kompetisi Nglarak Blarak ini sudah dilaksanakan tingkat kecamatan di 12 Kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, kemudian akan dipertandingkan di final Nglarak Blarak 2019 tingkat kabupaten yang akan digelar pada 13 Oktober mendatang di Alun-Alun Wates Kulon Progo.
Masih menurut Joko,kita berkewajiban untuk melestarikan dan mengembangkan dengan cara menyelenggarakan kompetisi rutin secara tahunan setiap hari jadi Kulon Progo,”

Di tingkat kecamatan para pemenang diberikan hadiah uang tunai yang meliputi juara 1 sebesar Rp 1,5 juta, Juara 2 Rp 1 juta, dan Juara 3 Rp 500 ribu. Panitia kompetisi ini yakni dari Dinas Kebudayaan kemudian bekerjasama dengan Karang Taruna 12 Kecamatan se Kabupaten Kulon Progo.

Festival Nglarak Blarak 2019 untuk tingkat Kecamatan Girimulyo pada kesempatan ini Juara 1 Desa Pendoworejo, Juara 2 Desa Purwosari, Juara 3 Desa Giripurwo dan Juara 4 Desa Jatimulyo.

Menurut Indarminto, salah satu peserta Festival Nglarak Blarak Girimulyo dari Desa Purwosari menjelaskan bahwa persiapan desa kami sebelum kompetisi ini berlangsung, kami berlatih 2-3 kali atau sekitar 10 pertemuan. “Kesan dari acara ini adalah untuk membakar sportivitas kaum muda dan melestarikan budaya Jawa,” pungkasnya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Warga RT 001, RT 002 Dan 008, RW 01 Kelurahan Kebon Pala Mengevakuasi Kendaraan

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Makasar, Jakarta Timur  |  20 Feb 2021
  3. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  20 jam lalu
  4. 3
    Komentar