Eska Unggul Gelar Diskusi Fenomena BTS dan Gerakan Sosial di Indonesia

6 0 153
Gambar untuk Eska Unggul Gelar Diskusi Fenomena BTS dan Gerakan Sosial di Indonesia
Brebes - K-Pop dan BTS bukan hanya digemari oleh remaja di Indonesia, tetapi sudah mendunia seperti di Singapura, Arab Saudi dan negara lainnya. Korea mengemas budaya mereka dengan sangat menarik sebagai strategi penguasaan ekonomi dunia. Bukan lagi hard power yang ditonjolkan tetapi lebih soft power sebagai taktik jitu dalam menguasai dunia.

Disampaikan Zamzam Muhammad Fuad selaku pembicara dalam acara #diskusiEskapresent01, dengan tema BTS dan Gerakan Sosial di Indonesia, melalui zoom meeting yang diselenggarakan Eska Unggul Indonesia Brebes bekerjasama dengan atmaGo, Rabu (07/07/2021).

Keberadaan BTS dan pengaruhnya terhadap gerakan sosial di era paska modernism saat ini sangatlah terlihat dengan jelas. Bahkan terjadi fenomena BTS dikalangan anak muda yang sangat luarbiasa, mereka sangat bangga bila memakai produk Korea. Dalam hal membeli barang, sudah bukan lagi terkait kebutuhan tetapi sudah pada gengsi, produk Korea benar-benar mendunia.

Zamzam menjelaskan bahwa ada motif ekonomi dibalik penetrasi budaya. “penetrasi budaya yang dilakukan oleh Korea jelas ada motif ekonomi dan politik, Korea sudah mempersiapkan itu sejak lama,” jelasnya.

Pemerintahan Korea berperan aktif dalam hal anggaran kebudayaan untuk memajukan Hall Yu (sebutan Budaya Korea bagi anak remaja). Terbukti tahun 2014 saja Pemerintah Korea menggelontorkan lebih dari 5,2 Milyar Dollar atau setara dengan 73 Triliun Rupiah, dan tahun 2017 lebih mencengangkan lagi 7,5 Milyar Dolar atau setara dengan 108 Triliun Rupiah.

Rizki Amalia Putri yang berasal dari Cirebon dan merupakan Mahasiswa S2 di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, sangat senang dan apresiatif terhadap kegiatan diskusi dengan tema BTS yang sedang melanda kaula muda. “Saya termasuk yang masuk dalam lingkaran penggemar Hall Yu, jadi saya bingung kalau di Indonesia bicara budaya akan terlihat sangat kuno, tetapi kalau di Korea bisa menjadi terlihat modern dan kekinian,” ungkap Rizki

Bagaimana Bangsa Indonesia bersikap terhadap fenomena ini, apakah mengcounter atau diam saja mengikuti perkembangan dunia? Apakah kita mau meniru strategi yang dilakukan oleh Korea atau seperti apa? Ini yang masih menjadi PR untuk kita semua.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 6
    Komentar

    ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

  3. 4
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    GEMAS (GErakan MembacA Sejak dini)