Dua Kabupaten di Provinsi NTB Terdampak Banjir, Tak Ada Korban Jiwa

0 0 281
Gambar untuk Dua Kabupaten di Provinsi NTB Terdampak Banjir, Tak Ada Korban Jiwa
Dua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat dilanda banjir pada hari ini, Rabu (11/11). Banjir tersebut melanda Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Barat. Tidak ada korban jiwa akibat insiden ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memonitor banjir di Kabupaten Sumbawa Barat melanda Desa Ai Kangkung, Kecamatan Sekongkang. Sebanyak 60 KK atau 194 jiwa terdampak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat sekitar 35 unit rumah terdampak, sedangkan 5 lainnya rusak. Saat banjir terjadi, tinggi muka air antara 60 – 90 cm.

Sedangkan kejadian di Kabupaten Lombok Barat, banjir melanda Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong. Sebanyak 62 jiwa terdampak disebabkan rumah mereka yang terendam. Di samping merendam sektor pemukiman, banjir juga merendam 3 hektar lahan warga.

Dua insiden tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi di waktu yang hampir bersamaan pada dua kabupaten tersebut. BPBD Kabupaten Sumbawa Barat melaporkan hujan intensitas tinggi terjadi pada pukul 15.40 waktu setempat. Sementara, BPBD Kabupaten Lombok Barat memantau hujan deras pada pukul 14.30 Wita.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kedua kabupaten bergerak cepat dalam penanganan darurat, seperti evakuasi warga, pemantauan dan koordinasi dengan aparat desa terdampak.

Melihat analisis InaRISK, kedua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat memang termasuk wilayah dengan kategori sedang hingga tinggi untuk potensi bahaya banjir. Sejumlah kecamatan berada pada kategori bahaya pada kelas tersebut.

Sumber: Humas BNPB

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru