DIKSAR PENDIDIK PAUD LOMBOK TENGAH

1 0 244
Gambar untuk DIKSAR PENDIDIK PAUD LOMBOK TENGAH
Dua hal utama yang menjadi syarat utama guru dikatakan profesional adalah jika telah memenuhi standar kualifikasi akademik (DIV-S1/sederajat) dan menguasai kompetensi pendidik. Kompetensi dimaksud meliputi kompetensi pedagogik, profesionalisme, kepribadian dan kompetensi sosial. Pemberlakuan syarat ini berlaku untuk semua guru pada seluruh jenjang pendidikan, termasuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Pemenuhan terhadap tuntutan utama bagi guru ini tidak sepenuhnya terpenuhi pada lingkup wilayah kabupaten. Terutama pada jenjang PAUD yang terdiri dari 4 layanan yaitu TK (Taman Kanak-Kanak), KB (Kelompok Bermain), SPS (Satuan Pendidikan Sejenis) dan TPA (Tempat Penitipan Anak). Empat layanan PAUD ini terbagi dalam dua bentuk yaitu formal dan nonformal.

Pendidik PAUD (terutama yang nonformal) di Kabupaten Lombok Tengah terdeteksi masih banyak yang belum memenuhi kualifikasi akademik minimal (S1). Kepada mereka diberikan penguatan dalam bentuk Diklat Pendamping Muda melalui Diklat Berjenjang Tingkat Dasar.

Tahun 2019 dilaksanakan kegiatan serupa oleh PKG PAUD Kecamatan Jonggat dari tanggal 28 September-2 Oktober 2019 di Aula UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Jonggat. Kegiatan diikuti oleh 80 orang pendidik PAUD yang berasal dari perwakilan masing-masing kecamatan.

Semoga kegiatannya bwrmanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!