Dies Natalis ke-67 UPI : Membangun Pendidikan Bermutu dan Berkeadilan untuk Indonesia Maju

1 0 70
Gambar untuk Dies Natalis ke-67 UPI : Membangun Pendidikan Bermutu dan Berkeadilan untuk Indonesia Maju
Universitas Pendidikan Indonesia telah berusia 67 tahun. Dalam rangka merayakan dies natalis ini, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia mengundang seluruh civitas academica dan tenaga kependidikan untuk menyaksikan “Upacara Peringatan Dies Natalis Ke-67 Tahun 2021”. Perayaan ini dilaksanakan pada hari kamis, 21 Oktober 2021 pukul 08.30 melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming saluran TVUPI DIGITAL.

Susunan acara yang ada dalam perayaan dies natalis ini meliputi pembukaan, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UPI, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, penayangan kaledeiskop UPI, pidato rektor, sambutan ketua MWA, orasi ilmiah, penayangan video sambutan Kemdikbud, penayangan video inovasi UPI, penyerahan penghargaan, doa, penutup, dan pembagian doorprize.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA. menyampaikan pidato dies natalis dengan tema “Transformasi Menuju Manajemen Korporatisasi dalam Ekosistem Digital”. “UPI harus tetap menjadi kekuatan moral, intelektual, dan profesional untuk melahirkan guru yang professional, tenaga kependidikan yang bermutu, tenaga profesional kependidikan serta karya-karya inovatif lainnya yang berupa inovasi teknologi pendidikan, inovasi proses dan asesmen pembelajaran, serta manajemen pendidikan yang berpacu dengan perubahan cepat dalam ekosistem digital,” jelas Rektor UPI dalam pidatonya.

Dunia pendidikan harus cepat tanggap untuk menciptakan tatanan dan pola pembelajaran baru dengan cara-cara yang lebih inovatif. Pada abad ke 21 yang ditandai dengan perubahan cepat ini, pendidik harus mampu memberikan andil tidak hanya sebatas mengajar di kelas tetapi juga melahirkan pemikiran yang maju dan kreatif untuk mendorong sistem pendidikan dan pembelajaran yang semakin fleksibel untuk berselancar dalam dinamika perubahan.

Dalam kaitan itu di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta membekali mahasiswa dengan adanya mata kuliah yang dapat menambah soft skill mahasiswa itu sendiri. Salah satu mata kuliah yang ada yaitu Robotik untuk Sekolah Dasar, yang diampu oleh Bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T. Dengan mata kuliah tersebut mahasiswa dibekali ilmu agar kelak dapat menjadi pendidik yang berfungsi sebagai fasilitator, motivator, dan _performance applauder_ bagi peserta didiknya karena seperti yang disampaikan dalam pidato Rektor bahwa pada dasarnya karakteristik peserta didik sekarang sudah menjadi pengguna teknologi yang mahir dan cerdas, meski baru berada di jenjang pendidikan dasar.

UPI sangat mendukung seluruh dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswanya untuk terus memberikan yang terbaik. Dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang UPI berikan dalam acara Dies Natalis ini. Salah satu penghargaan yang ada yaitu Anugerah Inovasi 2021 Dies Natalis ke-67 UPI kategori Inovasi Non Kependidikan yang diraih oleh Agus Rusdiana, S.Pd., M.A., Ph.D. sebagai peringkat pertama, Dr. Eng. Beta Paramita, S.T., M.T. sebagai peringkat kedua, dan Syifaul Fuada, S.Pd., M.T. sebagai peringkat ketiga.

Semoga UPI tetap konsisten untuk mencetak para pendidik yang luar biasa, serta bisa menjadi universitas yang lebih maju dan unggul sesuai dengan visinya yaitu a leading and outstanding university (universitas pelopor dan unggul).

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 4
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak