Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

1 0 2379
Gambar untuk Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak
Kurang lebih sudah setahun kita hidup berdampingan dengan penyakit yang menular, covid-19 ini. Covid 19 dapat menular dengan mudah melalui batuk atau nafas yang dikeluarkan oleh penderita covid 19. Percikan batuk atau nafas dari penderita covid 19 yang jatuh ke permukaan benda akan dapat menularkan penyakitnya melalui benda tersebut. Apabila ada orang yang menyentuh benda itu atau bahkan menghirup percikan tersebut kemudian ia menyentuh hidung, mata, atau mulutnya maka ia dapat dengan mudah tertular covid 19. Oleh karena itu, organisasi kesehatan dunia yaitu World Health Organisation (WHO) menghimbau untuk menjaga jarak lebih dari 1 meter dari orang lain untuk meminimalisir penularan covid 19. Gerakan cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir serta penggunaan hand sanitizer harus diterapkan dalam keseharian ketika berpergian.
Pandemi covid 19 yang sedang melanda seluruh dunia ini memberikan efek yang sangat besar bagi suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Banyak sektor yang terkena dampak dari adanya covid 19, termaksud dalam sektor pendidikan. Pendidikan yang biasa dilakukan secara langsung dengan mendatangi sekolah kini harus dilakukan secara online/daring (dalam jaringan) Dirumah masing-masing. Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya dengan internet. Pembelajaran dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana dalam kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan secara tatap muka atau secara langsung, tidak seperti kegiatan sebelumnya yang dilakukan dengan tatap muka dan berkumpul disuatu kelas.
Pembelajaran online ini memiliki dampak positif bagi siswa karena siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran online yaitu siswa memiliki motivasi belajar yang kurang ketika menjalankan pembelajaran online, padahal motivasi belajar adalah hal yang paling penting dalam proses belajar. Motivasi dalam belajar akan berpengaruh terhadap semangat, rasa senang dan minat untuk belajar. Selain itu tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru lewat online jelas berbeda dengan penyampaian guru secara langsung.
Kurangnya motivasi dalam belajar disebabkan pada proses pembelajaran secara daring, terkadang siswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan pendapat serta pemikirannya, sehingga menyebabkan proses belajar menjadi membosankan. Kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi disebabkan karena guru cenderung hanya memberikan tugas kepada siswa. Selain itu terkadang yang menjadi masalah bagi siswa kebanyakan adalah koneksi internet yang jauh dari jangkauan dari sinyal.
Melihat beberapa dampak negatif dari adanya pembelajaran online tersebut timbul pertanyaan, seberapa pentingkah pendampingan belajar pada anak ?. Pertanyaan tersebut langung mengarah ke peran orang tua sebagai pendamping belajar anak selama sekolah daring di masa pandemi seperti saat ini. Selama pandemi ini, selain menjadi orang tua juga harus menjadi guru untuk anak-anaknya.
Hal tersebut tentu bukanlah perkara yang mudah karena dari beberapa masalah, pendidikan orang tua yang hanya tamatan sekolah dasar sulit untuk mengajari anaknya ditambah kurangnya pemahaman orang tua akan gadget. Ada pula orang tua karir yang tak sempat memberikan bimbingan, arahan, pendampingan belajar terhadap anaknya karena terlalu sibuk bekerja.
Salah satu proker mahasiswa KKN MIT DR-XI UIN Walisongo Semarang adalah mendampingi belajar anak-anak disekitar tempat tinggal. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menangani permasalahan tadi. Dalam pelaksanaannya mahasiswa mengumpulkan anak-anak sesuai dengan kelas mereka, sehingga mudah dalam pendampingan belajar. Dalam pendampingan, mahasiswa membantu dalam pengerjaan tugas-tugas yang diberikan guru yang dirasa sulit bagi siswa, selain itu juga memberikan hotspot wifi gratis untuk anak-anak.
Harapan yang ingin dicapai dengan adanya pendampingan belajar ini adalah agar siswa dapat terbantu dalam belajar.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 4
    Komentar
  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar