Desa Siaga KIBBLA Wujud Kolaborasi Multi Pihak

1 0 156
Gambar untuk Desa Siaga KIBBLA Wujud Kolaborasi Multi Pihak
Brebes - Masyarakat diberikan dua pilihan untuk kemajuan desanya, tarik atau dorong. Tarik untuk kemajuan desanya atau dorong untuk kemajuan desanya.

Disampaikan Pemerhati Kesehatan Ibu dan anak dari Desa Kaligiri Kecamatan Sirampog Brebes Kalimi, saat memberikan paparan pada Pertemuan Lokakarya Penyepakatan Modeling Desa Siaga Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBLA), secara Daring, Kamis (12/8/2021).

Kalimi menjelaskan bahwa keberhasilan mewujudkan desa siaga KIBBLA dibutuhkan komitmen yang kuat dari semua pihak yang ada di desa. Usulan dari bawah atau button up, merupakan pondasi yang kuat sebuah gerakan di desa.

"Awalnya memang terasa berat, merubah pemikiran masyarakat untuk peduli terhadap KIBBLA. Tetapi setelah mereka memahami justru merekalah yang gerakannya sangat masif, kekuatan bersama inilah yang menjadikan Desa Kaligiri menjadi desa yang berhasil dalam penanganan KIBBLA," terangnya.

Narasumber lainnya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr. Rudi Pangarsaning Utami, M.Kes selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat mengatakan bahwa dampak dari pandemi covid-19 sangat terasa pada kematian ibu dan bayi baru lahir. Bukan hanya di Brebes tetapi semua kabupaten dan kota di Jawa Tengah mengalami hal yang sama.

"Di Bulan Juli 2021 Brebes mengalami lonjakan yang sangat tinggi kasus AKI yaitu 33 kasus, sampai dengan Juli kasus AKI ada 68 kasus," kata Utami.

Kegiatan Lokakarya ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan, Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan, Badan Kesbangpol, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Puskesmas Wanasari, Puskesmas Tanjung, RS Mutiara Bunda, RS Bhakti Asih, Pemdes Sengon, Pemdes Pesantunan, PT Charoen Pokphand Jaya Farm, PT Yeon Heung Megasari, BAZNAS, seluruh seluruh organisasi yang tergabung dalam Komunitas Brebes Bersama (KOBBER). Hasil pada pertemuan lokakarya tersebut adalah dokumen kesepakatan Modeling Desa Siaga KIBBLA.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 6
    Komentar

    ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

  3. 4
    Komentar
  4. 2
    Komentar