Ciput, Keong Dengan Limpahan Vitamin dan Mineral Baik Untuk Tubuh

2 0 396
Gambar untuk Ciput, Keong Dengan Limpahan Vitamin dan Mineral Baik Untuk Tubuh
Jadi gini ceritanya.

Dahulu kala saat perumahan-perumahan belum menggantikan suburnya sawah-sawah di kampung saya, dan sekarang sudah menjadi bagian dari kota Bekasi, bocah-bocah seumuran belasan tahun masih aktif berburu makanan asli kepunyaan alam. Dari banyaknya itu diantaranya belalang, ratu semut, dan ikan-ikan di persawahan, tak lupa pula keong, khususnya keong ciput (ada yang menyebutnya tutut).

Sebenarnya di sawah, kala itu ada 3 jenis keong yang sangat familiar, keong emas, keong gondang dan satu lagi keong ciput. Keong ciput ukuranya lebih kecil dibanding keong emas dan gondang, sedang keong emas dan keong gondang hampir sama ukurannya, sayang keong emas tidak bisa dikonsumsi karena beracun (pernah coba dan muntah-muntah dua hari). Sedangkan keong gondang masih bisa di konsumsi. Sayang karena hampir mirip kedua keong ini enggan dikonsumsi, yang membedakan hanya corak warna yang terang untuk keong emas, dan gelap untuk keong gondang. alhasil dibuat pakan bebek.

Sebenarnya keong sawah mengandung protein 12%, kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong sawah, dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat, dan phosfor.

Kandungan vitamin pada keong sawah cukup tinggi, dengan dominasi vitamin A, E, niacin dan folat. Keong sawah juga mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi pada tubuhnya. Berat daging satu ekor keong sawah dewasa dapat mencapai 4-5 gram.

Selain makronutrien, tubuh keong sawah juga mengandung mikronutrien berupa mineral, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Nah.. Maka itu dahulu kami, anak-anak yang lahir di tahun 1989-1990 seneng banget berburu keong ciput saat pak tani memanen padi, plus membuat bendungan yang mengotak-kotak besar, nantinya didalam kotak tersebut airnya dibuang keluar hingga air mengering dan ikan-ikan mudah ditangkap (menimba).

Sayang saat ini mencari keong ciput adalah hal yang sangat mustahil, kalaupun ada dipastikan sudah tercemar limbah baik pabrik maupun rumah tangga. Tapi alhamdulillah kemarin menemukan postingan yang ternyata bukan kaleng-kaleng.

Pengguna akun facebook @m shirojul hudda membagikan gambar olahan keong ciput yang setelah di pesan dan datang dengan selamat ke rumah kemudian diamankam dalam mangkuk besar. Benar-benar mengajak saya bernostalgia dengan gurih dan nikmatnya keong ciput kuah.

Bagi kalian yang kepengen banget ikutan bernostalgia dengan ciput, bisa lewat inboke ke akun facebook tersebuta ataupun hubungi kontak ini: 089636755964 atau ini: 085697816769

kalau sedang tidak ada halangan semisal badai, tsunami, atau ada godzila lagi nyebrang jalanan Bekasi, kedua kontak tersebut fast respon banget loh, dan dari data yang saya ambil di beberapa sempel penjual siput kuah (berasa peneliti dadakan, padahal jajan pinggir jalan). keong olahan mereka lebih banyak dan rasanya.... warbiazaa..

semoga bermanpaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar