BPBD Jabar Siaga, Waspadai Bencana Tanah Longsor dan Banjir

1 0 108
Gambar untuk BPBD Jabar Siaga, Waspadai Bencana Tanah Longsor dan Banjir
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan terjadi pada awal November 2019. Provinsi Jawa Barat dikenal sebagai wilayah rawan bencana alam tanah longsor dan banjir.

Untuk mengantisipasi bencana alam tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menyiapsiagakan segala sumber daya baik peralatan maupun personel.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jabar Adwin Singarimbun mengatakan, menghadapi musim hujan, pihaknya mengintensifkan koordinasi dengan BPBD kota dan kabupaten untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Adwin mengungkapkan, selama musim hujan Jawa Barat sangat rawan bencana alam tanah longsor dan banjir. Untuk daerah rawan tanah longsor sebagian besar berada di Jabar bagian tengah dan selatan.

Seperti Kota/Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Ciamis, Banjar, Sumedang, Garut, Kabupaten Bandung. "Kota Bandung ada titik rawan longsor, seperti Cidadap. Tapi sebagian besar masuk wilayah Kabupaten Bandung. Namun dampaknya memang ke kota. Seperti kejadian di Jatihandap beberapa waktu lalu," ungkap Adwin.

Sementara daerah rawan banjir, pungkas Adwin, terdapat di wilayah selasan Bandung, seperti Bojongsoang, Baleendah, Dayeuhkolot, dan Majalaya. Selain itu, wilayah utara, seperti Kota/Kabupaten Cirebon dan Indramayu. Sedangkan di wilayah barat, seperi Karawang, Kota dan Kabupaten Bekasi.

Disarikan dari: SINDO News

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana

  2. Lowongan DAILY WORKER JAKARTA


Komentar Terbanyak

  1. 15
    Komentar
  2. 12
    Komentar
  3. 12
    Komentar
  4. 10
    Komentar