BNPB Bekerja sama dengan Universitas Tadulako Tanam 5.000 Bibit Terumbu Karang di Kawasan Teluk Palu Pulihkan Ekosistem Pantai Pascatsunami

0 0 1420
Gambar untuk BNPB Bekerja sama dengan Universitas Tadulako Tanam 5.000 Bibit Terumbu Karang di Kawasan Teluk Palu Pulihkan Ekosistem Pantai Pascatsunami
BNPB bekerja sama dengan Universitas Tadulako (Untad) melakukan penanaman 5.000 bibit terumbu karang di kawasan Teluk Palu, Sulawesi Tengah. Kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat ini bertujuan untuk memulihkan ekosistem pantai pascatsunami 2018 lalu.

Penanaman bibit ini merupakan bagian dari kegiatan pendampingan pemulihan dan peningkatan produktivitas sumber daya alam dan lingkungan yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Untad. Kegiatan ini menyasar pada kawasan yang terdampak gempa bumi, tsunami dan likuefaksi di dua wilayah pantai.

Kedua pantai tersebut yaitu Pantai Mamboro yang berada di wilayah Kelurahan Mamboro, Kecamatan Mamboro Palu Utara, Kota Palu dan Pantai Salumbone di Desa Labuan Salumbone, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala.

Kegiatan pendampingan pemulihan ekosistem terumbu karang penting karena memiliki dua aspek manfaat, yakni manfaat secara langsung maupun tidak langsung. Pertama, manfaat secara langsung bagi manusia adalah sebagai tempat ikan yang banyak dikonsumsi manusia dalam bidang pangan dan sebagai potensi pariwisata. Kedua, manfaat tidak langsung adalah sebagai penahan abrasi pantai yang disebabkan gelombang dan ombak laut serta sebagai sumber keanekaragaman hayati.

Sejauh ini BNPB telah memberikan 7.400 bibit terumbu karang untuk pemulihan ekosistem pascabencana di Sulawesi Tengah. Pada 2020 lalu, total bibit ditanam berjumlah 2.400, sedangkan pada tahun ini sebanyak 5.000 bibit.

Pemulihan berbasis masyarakat pada penanaman terumbu karang telah dirasakan oleh warga. Perwakilan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini, Ahmad L. Maliki atau lebih dikenal dengan panggilan Pak Bobi mengatakan bahwa kegiatan penanaman terumbu karang pada tahun 2020 lalu secara perlahan telah memberikan hasil yang positif.

Sumber: Humas BNPB

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar