Berbuat Baik Kepada Tetangga

5 0 1299
Gambar untuk Berbuat Baik Kepada Tetangga
#Nasihat_Diri

๐—•๐—˜๐—ฅ๐—•๐—จ๐—”๐—ง ๐—•๐—”๐—œ๐—ž ๐—ž๐—˜๐—ฃ๐—”๐——๐—” ๐—ง๐—˜๐—ง๐—”๐—ก๐—š๐—š๐—”

Ustadz Anas Burhanudin, M.A.

Seorang mukmin itu, tetangganya harus aman dari lisannya, harus aman dari gangguan-gangguannya. Di sini beliau tegaskan: โ€œOrang yang tidka beriman adalah orang yang tetangganya tidak selamat dan tidak aman dari gangguannya.โ€ Maka naโ€™udzubillahi min dzalik, jangan sampai mengganggu tetangga kita dengan suara-suara yang mengganggu, menyetel TV atau pengeras suara dengan sekeras-kerasnya, tidak peduli dengan tetangga. Tetangga kita punya anak kecil, mereka butuh istirahat, tapi sebagian kita cuek bahkan kalau ditegur marah-marah. Ini sungguh tidak mencerminkan pribadi seorang mukmin. Seorang mukmin harus memastikan bahwasannya tetangganya aman dari gangguan dia.

Kemudian juga dengan membantu mereka jika mereka membutuhkan. Dalam sebuah hadits riwayat Al-Hakim yang dishahihkan oleh Al-Albani Rahimahullah. Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu โ€˜Anhuma, dari Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam beliau bersabda:

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ ูŠูŽุดู’ุจูŽุนู ูˆูŽุฌูŽุงุฑูู‡ู ุฌูŽุงุฆู’ุนูŒ
โ€œBukanlah seorang mukmin kalau dia kenyang sedangkan tetangganya kelaparan.โ€ (HR. Al-Hakim)

Seorang mukmin yang baik itu peduli dengan tetangga. Jadi dia tidak hanya shalih secara pribadi saja, tapi dia juga punya keshalihan sosial. Dia berjalan mengunjungi tetangganya, melihat kondisi tetangganya, kalau ada yang kurang sementara dia mampu, dia bantu tenaganya. Jangan sampai ada di antara kita enak-enak makan tapi tetangga kita ada yang kelaparan. Ini sungguh tidak mencerminkan pribadi seorang muslim. Tidak mencerminkan sebuah perumahan yang Islami, tidak mencerminkan sebuah kompleks yang Islami, saling cuek, tidak ada kepedulian, tidak mau bertanya, โ€œIni dimana Fulan kok tidak kelihatan shalat jamaah? Si Fulan bagaimana kebutuhannya?โ€ Jangan sampai ada orang-orang yang kelaparan sementara kita kekenyangan tidak ada masalah.
Simak pembahasan lengkapnya melalui :

http://rodja.id/2m6


Sumber :

Rodja TV
@rodjatvofficial

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)

  2. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar