Berapa Suhu Kota Besar di Indonesia pada 2050?

1 0 96
Gambar untuk Berapa Suhu Kota Besar di Indonesia pada 2050?
Bumi sedang berada di kondisi paling hangat dalam sepuluh tahun terakhir. Ilmuwan menyebut rekor sebelumnya pernah terjadi di tahun 1850. Melansir BBC, Jumat (8/2) layanan cuaca Inggris Met Office memperkirakan suku untuk lima tahun ke depan cenderung 1 ºC lebih tinggi di atas tingkat pra-industri.

Selain itu, dalam lima tahun ke depan ada kemungkinan kalau bumi bakal mengalami tahun di mana kenaikan suhu rata-rata lebih besar dari 1,5 derajat. Hal itu dilihat sebagai ambang kritis untuk perubahan iklim.

Bila hal ini terjadi sesuai perkiraan, maka di periode 2014-2023 akan menjadi yang terhangat dalam lebih dari 150 tahun pencatatan. Apakah ramalan suhu yang naik ini akan mempermulus kesepakatan iklim di Paris?

Met Office mengatakan bahwa 2015 adalah tahun pertama di mana suhu permukaan tahunan rata-rata global mencapai 1 ºC di atas tingkat pra-industri, yang umumnya terjadi pada tahun 1850 dan 1900.

Lebih lanjut, pihaknya menegaskan kalau ada risiko sementara yang melebihi batas 1,5 derajat. Hal ini menjadi hal yang sangat penting ditetapkan dalam perjanjian iklim Paris.

Pada Oktober 2018 lalu, para Ilmuan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menerbitkan laporan khusus tentang dampak jangka panjang dari kenaikan suhu sebesar 1,5 derajat celcius. Mereka menyimpulkan bahwa akan diperlukan upaya pengurangan karbon secara besar-besar untuk menjaga dunia agar tidak melampaui batas pada tahun 2030. Analisis Met Office mengatakan saat ini ada peluang 10% hal ini bisa terjadi dalam lima tahun ke depan.

Mereka menyebut fakta ini bia terjadi dikarenakan adanya kombinasi pemanasan umum dan fluktuasi akibat hal-hal seperti peristiwa El-Nino dalam beberapa tahun mendatang, yang menandakan kalau bumi semakin mendekati ambang batasnya. Nah, kira-kira berapa suhu kota-kota besar di Indonesia ya pada 2050?

Sumber: Indonesia Baik (Kemenkominfo RI)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Di Masa Pandemi Covid-19, Seberapa Pentingkah Pendampingan Belajar Pada Anak

    Sasa Rahayu Safitri  di  Andong, Boyolali  |  21 Feb 2021
  2. Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Pohon Tumbang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Kota  |  21 Feb 2021
  3. Operasi Lintas Laut Muara Gembong - Mauk

    Indra Gunawan  di  Bekasi Utara, Bekasi Kota  |  22 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Mar 2021
  4. 3
    Komentar