Belajar

Gambar untuk Belajar
Siapa sih yang tidak perlu public speaking? Public speaking atau berbicara di depan umum merupakan keterampilan yang perlu dimiliki semua orang. Apa pun pekerjaannya dan tinggal dimana pun. Masalahnya banyak orang yang merasa bahwa berbicara di depan umum itu yang penting berani. Alhasil… banyak yang asal ngomong.
Maka untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan publik speaking serta kepercayaan diri komunitas perempuan Petani Kopi, lembaga PKPA (Pusat Kajian Perlindungan Anak) Tanah Karo memberikan Pelatihan Public Speaking bagi 10 orang anggota komunitas mereka.

Dalam kegiatan ini PKPA meminta lembaga HAPSARI (Himpunan Serikat Perempuan Indonesia) membantu memfasilitasi kegiatan ini. Dan HAPSARI menungaskan Siti Khadijah selalu Wakil Ketua Pelaksana Harian HAPSARI menjadi fasilitatornya.

Adapun materi yang disampaikan adalah :
- Pemahaman tentang dasar-dasar public speaking, materi ini membahas tentang teknik dasar dalam presentasi. Komunikasi verbal, audio dan verbal.
- Performance skills, materi ini berisi tentang teknik performance dengan konsep 3 V (Verbal, Voice, Visual) Persiapan public speaking, materi ini membahas cara mengatasi ketakutan ketika berbicara di depan umum dan
- Praktik public speaking, materi ini membahas cara menghandle audiens, berkomunikasi efektif dengan audiens, teknik meraih atensi dari audiens

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan mei yang lalu, bertempat kantor PKPA Kabanjahe dari pukul 10.00 wib sampai dengan pukul 16.00 wib. Karena pelatihan ini merupakan pelatihan publik speaking yang ke dua, maka fasilitator tidak mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi. Peserta sudah memahami dasar-dasar publik speaking, hanya saja keberanian mereka berbicara di depan umum masih harus dilatih lagi. Dari 10 orang peserta yang mengikuti pelatihan ini ada empat orang yang sudah berani berbicara, dan enam orang lainnya masih malu-malu berbicara di depan umum.
Kegiatan ini di awali dengan sessi perkenalan kemudian dilanjutkan dengan mengisi pre test. Setelah selesai mengisi pre test acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang publik speaking.
Setelah sessi pemaparan materi selesai acara dilanjutkan dengan praktek publik speaking. Dan acara di tutup dengan sessi foto bersama.

  2 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar