BELAJAR DARI LAGU SENTUHAN BOLEH

1 0 609
Gambar untuk BELAJAR DARI LAGU SENTUHAN BOLEH
Pelecehan seksual pada anak adalah fenomena yang makin sering terjadi di lingkungan kita. Hal ini disebabkan karena anak masih belum mengerti sehingga orang tua sulit untukmendeteksinya. Pelecehan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, karena sudah tidak ada tempat tepat yang aman anak kita terbebas dari pelecehan. Bahkan sekolah sekalipun, tempat yang kita anggap aman sudah mulai tidak aman lagi. Untuk itu, HAPSARI sebagai salah satu organisasi perempuan yang bergerak dibidang pemberdayaan perempuan dan anak melakukan penyuluhan tentang bagaimana melindungi diri anak dari pelecehan. Bekerjasama dengan Dinas P2TP2A Kab. Deli Serdang HAPSARI masuk ke sekolah dasar. Salah satu sekolah Dasar yang di berikan sosialisasi adalah Sekolah SD Negri No 105345 Sidodadi Beringin.
Melalui lagu sentuhan boleh anak-anak diajarkan bahwa tubuh kita berharga, sehingga tidak boleh disentuh orang lain, termasuk oleh teman sekelas sendiri sekalipun sesama jenis.
Bagian tubuh yang boleh disentuh adalah kepala, tangan dan kaki. Boleh disentuh dengan kasih sayang. Dan semua bagian tubuh yang tertutup baju dalam tidak boleh disentuh orang. Yang boleh menyentuh bagian tubuh tersebut adalah ayah dan ibu. Dokter boleh menyentuh tetapi harus di dampingi oleh ayah atau ibu. Anak- anak juga haru berani mengatakan tidak dan berlari mencari pertolongan jika ada orang asing menyentuh bagian tubuh yang tertutup, laporkan ke ibu guru atau ke orang tua jika ada teman atau orang lain yang menyentuh bagian tubuh yang tertutup baju dalam.
Sebenarnya kita bisa mulai mengajarkan pencegahan pelecehan sejak dini. Beri tahu sejak dini anak anda bahwa tidak ada orang yang boleh menyentuh apalagi mencium dirinya selain ayah dan ibu. Dan yang boleh di cium oleh ayah dan ibu adalah pipi, tidak boleh mencium bibirnya. Jangan izinkan orang lain memegang bagian tubuh anak anda seperti dada, pantat, paha dan bagian kemaluannya. Selalu ingatkan kepada anak anda bahwa bagian tubuh tersebut tidak boleh disentuh oleh orang lain. Dan jika ada yang memaksa maka ajari anak anda berkata tidak boleh dan teriak minta tolong. Dengan demikian, anak-anak akan terhindar dari pelecehan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!