Bank Sampah MANDIRI 17 Wirogunan Siap di-Evaluasi

1 0 54
Gambar untuk Bank Sampah MANDIRI 17 Wirogunan Siap di-Evaluasi
Kelompok Bank Sampah MANDIRI 17 yang berlokasi di Wilayah RW 17 Nyutran, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta hari ini Kamis (19/9/2019) di-evaluasi oleh Tim Juri Lomba Bank Sampah tingkat Kota Yogyakarta.

Bank Sampah Mandiri 17 terbentuk pada 26 Januari 2014 dan saat ini, telah memiliki legalitas dari Pemerintah Kelurahan Wirogunan, dengan SK Lurah Wirogunan No. 13.b./KEP/I/2019 tanggal 26/1/2019 yang ditanda tangani Anastasia Erwina Siwi Utami, dengan Ketua Ibu Dalrini Sarjiati.

Sejak berdiri hingga saat ini, telah memiliki peran cukup penting dan sangat bermanfaat bagi warga, tidak hanya mengurangi sampah untuk dibuang ke Penampungan sementara , namun beberapa sampah dapat menghasilkan dana bagi anggotanya.

Tahun 2015, Bank Sampah Mandiri 17, telah kerjasam dengan UD Aneka Jaya yang ditanda tangani Bapak Wafiq Nafturaja pada Sabtu (3/10/2015) dan barang rongsok telah dipilah terlebih dahulu, berupa Kardus, Plastik, Tembaga, Duplek, Logam, Aluminium, Kertas, Kuningan dan lain-lain.

Bank Sampah Mandiri 17 hingga saat ini beranggotakan 48 orang yang berdomisili di wilayah RW 17, Nyutran, Kel. Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Hari pelayanan setiap hari Sabtu Ketiga tiap bulan jam 14.00-16.00 WIB dan sudah dipilih oleh nasabah. Sampahbyang tidak diterima oleh Bank Sampah yaitu Cermin, Styrofoam dan barang yang terbuat dari kayu, kain/busa.

Bank Mandiri 17 telah membuat beberapa kesepakatan dengan seluruh anggota yang disaksikan oleh Pengurus RT dan RW di wilayah RW 17. Tata tertib pelayanan nasbah, alur pelayanan kepada nasabah, skema alur pelayanan dan struktur organisasi terpampang di sekretariat Bank Sampah Mandiri 17.

Ketua Bank Sampah Mandiri 17, Dalrini Sarjiati menyatakan bahwa seluruh anggota dengan sukarela mematuhi aturan yang telah disepakati bersama. "Pembagian tabungan diberikan sebelum lebaran dan digunakan sesuai dengan keperluan", kata Ibu Rini. Lebih lanjut, Pembina Bank Smpah Mandiri 17, Ito Martanto yang juga sebagai Ketua RW 17 menambahkan bahwa, bank sampah ini rutin dan transparan dalam pengelolaannya. "Kami sangat senang dan mengapresiasi atas peran serta dan kerjasama seluruh warga. InsyaaAllah, akan menjadi contoh bagi warga lain, untuk terus aktif dalam mengembangkan bank sampah ini", ujar Pak RW.

Pemangku wilayah, yang turut serta mendampingi tim juri menyatakan bahwa Bank Sampah Mandiri 17 ini, menjadi contoh bagi warga RW yang lain, untuk terus aktif dalam mengelola potensi yang ada, khususnya dalam pengelolaan sampah. "Terdapat 24 RW dengan 77 RT di wilayah Kel. Wirogunan yang secara keseluruhan sudah terbentuk Kelompok Bank Sampah, namun ada yang belum maksimal. Harapannya, evaluasi di Bank Samoah Mandiri 17 ini menjadi motivasi bagi bank sampah lain di wilayah Wirogunan", kata lurah satu anak ini. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#BankSampahWirogunan
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Operasi Lintas Laut Muara Gembong - Mauk

    Indra Gunawan  di  Bekasi Utara, Bekasi Kota  |  22 Feb 2021
  2. Bantuan Rodja Peduli Untuk Korban Banjir Bekasi Dan Sekitarnya

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Muara Gembong, Bekasi Kabupaten  |  24 Feb 2021
  3. Gunung Raung Bertopi Awan, Musim Hujan Akan Segera Usai?

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  23 Feb 2021
  4. Layanan Kedaruratan Kota Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tangerang Kota  |  23 Feb 2021

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Meningkatkan Kapasitas Perempuan Muda, PDNA Garut Selenggarakan Perkaderan Formal

    Berita Nasyiah Kab Garut  di  Garut Kota, Garut  |  28 Feb 2021
  2. 6
    Komentar

    GRESIK MENJADI BAGIAN DARI 4200 PESERTA PELATIHAN E.LEARNING

    siti fitriah  di  Kebomas, Gresik  |  26 Feb 2021
  3. 3
    Komentar

    Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Mar 2021
  4. 3
    Komentar