ANUGERAH PUBLIKASI ILMIAH IAIN CURUP 2021

0 0 270
Gambar untuk ANUGERAH PUBLIKASI ILMIAH IAIN CURUP 2021
Tahun 2016 Labor Pengelolaan dan Penerbitan Jurnal Ilmiah (LPPJI)didirikan, pendirian adalah titik awal kebangkitan publikasi di IAIN Curup. Tujuan LPPJI didirikan bertujuan untuk menyelamatkan jurnal-jurnal yang dimiliki STAIN Curup ketika itu jadi sasaran Penyelamatan adalah Jurnal Fokus, Eduka Islamika, Komunika Islamika, dan Al-Istinbath.

Menurut Hardivizon Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah IAIN Curup "Pengelolaan jurnal-jurnal tersebut tidak maksimal dan belum menghasilkan akreditasi, meski sudah cukup lama berdiri,
Berbagai upaya telah dilakukan, dan alhamdulillah sejak 2016 tersebut, jurnal2 IAIN Curup berkembang pesat hingga pada 2021 ini memiliki 19 jurnal" kata Hardivizon.

Berbagai pihak banyak membantu kemajuan jurnal-jurnal IAIN Curup, dan yang paling besar andilnya adalah Relawan Jurnal Indonesia (RaJI).
"sejak 2016, RJI memberikan pendampingan secara inten baik dari sisi manajemen maupun substansi.
Alhamdulillah, berkat kerja keras para Jamaah Jurnaliyah, sampai saat ini jurnal-jurnal IAIN Curup dari tahun ke tahun naik terus grafik akreditasinya" jelas Hardivizon.

Hardivizon menambahkan saat ini, ada 3 jurnal yang sudah terakreditasi peringkat SINTA 2, yakni Alquds, Arabiyatuna, dan Al Istinbath
4 SINTA 3, yakni Alfalah, English Franca, Ajis, danTadibr
6 SINTA 4, yakni Belajea, Fokus, JDK, Ar-Riayah, Tik Ilmeu, dan Islamic Counseling
dan 1 SINTA 5, yakni Estetik.

Menurut Hardivizon jurnal-jurnal tersebut pun sedang mengajukan kenaikan peringkat akreditasi. Semoga di 2022, bertambah banyak yang berada di posisi puncak akreditasi.
Dan patut disyukuri juga bahwa 15 dari 19 jurnal tersebut telah terindeks DOAJ.

IAIN Curup memiliki visi menjadi perguruan tinggi terkemuka di Asia Tenggara tahun 2045. Publikasi ilmiah menjadi salah satu indikatornya. Untuk itu, jamaah jurnaliyah IAIN Curup bersatupadu dalam mewujudkan cita-cita tersebut. InsyaAllah mulai 2022, jurnal-jurnal IAIN Curup akan mendaftar di berbagai lembaga pengindeks bereputasi internasional seperti Scopus, Web of Science, Islamicus, dll.
Semoga jurnal2 ini dapat menjadi bagian penting mengantarkan IAIN Curup menjadi word class university suatu saat kelak.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 7
    Komentar
  3. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat

  4. 4
    Komentar

    PMI Tebing Tinggi Salurkan Bantuan Korban Banjir