Aksi "Satu Siaga", MPP Mergangsan dan Lurah Wirogunan Membersamai Warga dan Sahabat GASA Saat Bongka

1 0 214
Gambar untuk Aksi "Satu Siaga", MPP Mergangsan dan Lurah Wirogunan Membersamai Warga dan Sahabat GASA Saat Bongka
Mantri Pamong Praja (MPP) Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, Rini Rahmawati dan Lurah Wirogunan, Diah Kristiani membersamai Sahabat GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) dan Warga RT 70 RW 22 dalam pembongkaran rumah Sdr. Agus Budiyanto. Pembongkaran  dilakukan dengan kerja bhakti.

Selain itu, pengurus Kampung Mergangsan Kidul, Ketua RW 22 dan Ketua RT 70 berbaur bersama warga dan Sahabat GASA. Juga terlihat dan turutserta pemuda RW 22.

Kebersamaan, gotong royong dan bergandengan membantu proses renovasi rumah warga. Nilai-nilai kebersamaan terlihat sejak awal hingga selesainya proses pembongkaran.

Rini Rahmawati dan Diah Kristiani mengapresiasi aksi "Satu Siaga" yang dilakukan oleh GASA. Selain itu, juga mengapresiasi masyarakat RT 70 Kel. Wirogunan dan Sahabat GASA yang telah bergotong royong dalam renovasi tersebut.

"Nilai gotong royong, kebersamaan yang saling bergandengan dan bergendongan dalam proses renovasi ini adalah modal sosial masyarakat Wirogunan pada umumnya dan Warga RT 70 pada khususnya. Bila disetiap wilayah, potensi dan modal sosial ini, kita rawat dan kita kembangkan, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu masyarakat", kata Rini di lokasi aksi "Satu Siaga", Minggu (19/9/2021).

Aksi SATU SIAGA (GASA Bantu Renovasi Rumah Warga), satu dari beberapa aksi yang dilakukan Sahabat GASA Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Sebelumnya telah membentuk aksi "Gage Sopo Aruh, GASA untuk Warga" yang saat ini terus dilakukan dengan menyapa dan memberi bantuan kepada warga isolasi mandiri. Selain itu, telah membentuk Tim Kubur Cepat (TKC) Pameling Jiwa, yang membantu warga meninggal dunia karena positif Covid.

Sebelumnya, semangat membantu renovasi rumah tersebut, bermula dari salah satu sahabat GASA (sebutan bagi aktivis/relawan GASA) setelah melihat kondisi rumah yang jauh dari layak untuk dihuni. Saat hujan beberapa bulan yang lalu, air hujan dengan leluasa masuk rumah. Bahkan, kamar mandi, dapur dan tempat tidur tidak lagi ada sekat. Apalagi ruang tamu, dipastikan tidak ada dalam rumah tersebut. Selain itu, diperkirakan tidak akan lama, salah satu dinding tembok rumah akan runtuh, karena pondasi yang seadanya. Kondisi yang demikian, menggugah hati sahabat GASA untuk bergerak melakukan renovasi rumah sederhana tersebut.

Ketua GASA Wirogunan, Abdul Razaq menyatakan, kerja bhakti mengawali renovasi rumah yang dimulai hari ini Minggu (19/9/2021). Pembongkaran dimulai jam 07.00 WIB hingga jam 12.00 WIB. Secara keseluruhan telah rata dengan tanah, termasuk penggalian pondasi di sisi barat. Selanjutnya, akan dikerjakan oleh tukang profesional, hingga selesai renovasi dimaksud.

Besok harinya (Senin), akan dilanjutkan dengan pengerjaan atap rumah berbahan baja ringan. Diperkirakan delapan hingga sepuluh hari ke depan, renovasi rumah tersebut telah selesai. Diharapkan Sdr. Agus Budiyanto dan Bapaknya dapat menempatinya kembali dengan nyaman.

“Atas nama GASA mengucapkan terima kasih kepada warga RT 70 RW 22 dan Sahabat GASA yang telah membantu dalam proses pembongkaran rumah tersebut. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Ibu Rini Rahmawati (MPP Mergangsan) dan Ibu Diah Kristiani (Lurah Wirogunan) yang telah membersamai dalam kerja bhakti", ujar Rozaq di lokasi pembongkaran rumah, Ahad (19/9/2021).

Seluruh proses aksi "Satu Siaga" akan diinformasikan kepada Warga, sebagai wujud pertanggung jawaban GASA dan  keterbukaan dalam pengelolaan dana yang bersumber dari masyarakat. Hal ini, untuk menjaga kepercayaan masyarakat. (KangRozaq)


#AksiSATUSIAGA
#GASAWirogunan
#WirogunanSemarak

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Pengajian anak anak

  4. 3
    Komentar