Afdeling Tujuh Perkebunan Kualanamu Nasipmu Kini!!!

3 0 66
Gambar untuk Afdeling Tujuh Perkebunan Kualanamu Nasipmu Kini!!!
Afdeling 7 Emplasmen Kualanamu terletak di Desa Emplasmen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang – Sumatera Utara. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 2.214 jiwa terdiri dari 1.082 laki-laki dan 1.132 perempuan dengan jumlah KK (kepala Keluarga) kurang lebih 620 KK dengan jumlah dusun sebanyak 3 dusun.
Dahulunya desa ini merupakan desa Perkebunan dimana Penduduknya merupakan Karyawan yang bekerja di Afdeling 7. Sedangkan Afdeling 7 ini masuk dalam wilayah Hak Guna Usaha (HGU) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, Kebun Tanjung Garbus Pagar Merbau (TGPM), tetapi itu adalah masa lalu. Karena secara perlahan tapi pasti perkebunan kelapa sawit tersebut mulai berubah. Di beberapa lokasi yang dahulunya tanaman kelapa sawit yang masih memperoduksi Buah sawit sudah berubah fungsi. Saat ini sudah tak ada lagi pohin sawit berganti dengan bangunan Ruko yang megah dan sudah ditempati. Orang kebanyakan tidak tau pasti siapa pemilik ruko tersebut yang sebenarnya.
Kalaupun ada pertanyaan siapa pemilik ruko tersebut jawaban yang muncul adalah katanya milik si A, atau katanya milik si B. Tanpa tau pasti siapa pemilik sesungguhnya. Di areal yang lain pohon sawit yang tumbuh sudah berganti dengan tembok tinggi yang kokoh yang menutupi lahan tersebut, sehingga tak seorangpun yang tau apa isi didalamnya.
Selain dibangun Ruko dan juga tembok pembatas yang tinggi di bekas perkebunan tersebut juga dibagun Sekolah SMU Negeri 1 Beringin yang pembangunannya belum selesai dilakukan, tetapi sekolah tersebut sudah digunakan meskipun belum aktif karena situasi Covid ini.
Sudah banyak yang berubah dari perkebunan ini, rumah-rumah penduduknya kini sudah mulai direnovasi oleh pemiliknya, hal cukup menggambarkan bagaimana situasi Perkebunan PTPN II tersebut. Entah PTPN tersebut sudah bangkrut seperti yang dibicarakan oleh masyarakat atau Hak Guna Usaha PTPN tersebut telah habis sehingga tanahya dikembalikan ke masyarakat yang sudah menempati perkebunan tersebut sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, atau ada apa,entahlah, sepertinya untuk hal ini kita membutuhkan seseorang yang ahli dibidang ini, supaya tidak terjadi salah informasi.
Tetapi yang pasti, pohon sawit yang dulu berdiri kokoh dan terhampar luas kini sudah tak terlihat. Entah bagaimana nasip para karyawan yang bekerja, bagaimana nasip anak dan istri mereka, apakah ada jaminan hidup buat mereka??? Entahlah.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar