8 Manfaat Mengagumkan Daun Kelor Untuk Wajah, Segera Buktikan

Gambar untuk 8 Manfaat Mengagumkan Daun Kelor Untuk Wajah, Segera Buktikan
Tumbuhan kelor atau merunggai sedang jadi primadona. Hal itu berkat khasiat yang terkandung dalam daun kelor, yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Kelor merupakan tanaman pangan dan tanaman obat. Hal itu berarti, tumbuhan kelor bisa dikonsumsi sebagai sayuran dan dimanfaatkan sekaligus sebagai tanaman herbal. Bagian yang dikonsumsi adalah daun.

Daun kelor dapat dimasak menjadi menu favorit; sayur bening, sayur bobor, urap, tumis, dan bahkan menjadi campuran dalam telur dadar.

Sebagai tanaman obat, daun kelor mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai efek negatif.

Daun kelor juga mengandung zat besi, protein, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.

Berkat kandungan itu, daun kelor tak hanya memiliki manfaat terhadap kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan ginjal, jantung, mengatasi diabetes, menurunkan tekanan darah hingga meringankan nyeri haid.

Selain antioksidan, daun kelor memiliki pula kandungan antibiotik yang akan mengangkat sel kulit mati sehingga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan wajah.

Nah, apa saja manfaat daun kelor bagi wajah? Berikut penjelasannya, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (11/9/2020).

1. Sebagai antioksidan

Manfaat daun kelor untuk wajah yang pertama adalah kandungan antioksidannya. Antioksidan yang ada dalam daun kelor akan membantu untuk menjaga kulit tidak kusam dan tidak terserang bakteri.

Apalagi jika Anda adalah orang yang sering bepergian sehingga banyak terpapar asap kendaraan, debu, dan asap lain. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari jerawat dan bahkan kanker kulit.

Untuk mendapatkan khasiatnya, bisa mengolah daun kelor menjadi krim. Caranya, ambil daun kelor yang masih segar, lalu haluskan dan jadikan krim. Anda juga bisa menambahkannya dengan madu.

Gunakan krim ini sebagai masker dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan masker ini setiap hari sebelum tidur.

2. Mengatasi jerawat

Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Manfaat mengatasi jerawat ini tampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi. Vitamin dan protease yang ada dalam daun kelor terbukti dapat mengatasi jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup menghaluskan daun kelor yang masih segar hingga benar-benar halus. Tambahkan madu atau buah naga dan dijadikan sebagai masker wajah. Biarkan hingga 30 menit.

Gunakan masker ini selama 2 hari sekali dalam 30 hari, maka akan mendapatkan kulit wajah bebas jerawat.

3. Mengatasi kulit berminyak

Daun kelor dapat mengatasi kulit berminyak. Kulit yang berminyak dapat diatasi dengan asupan vitamin A, E, dan juga C. Semua jenis vitamin tersebut tersedia dalam daun kelor.

Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah untuk merasakan khasiatnya. Juga bisa menambahkan alpukat untuk meningkatkan kandungan vitamin E dalam masker.

4. Mencegah kerutan dan penuaan dini

Manfaat daun kelor untuk wajah berikutnya adalah untuk mencegah kerutan serta penuaan dini. Kerutan pada wajah pasti akan muncul seiring bertambahnya usia.

Namun, ada juga sebagian orang yang sudah mengalami kerutan lebih cepat. Hal ini disebabkan karena polusi, makanan yang tidak sehat, merokok, mudah marah, dan lainnya.

Bagi yang ingin menghilangkan kerutan di wajah, coba konsumsi sayur daun kelor atau juga bisa mencoba mengonsumsi kapsul daun kelor. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kadar dopamine dan sorortonin. Jika menggunakannya selama 40 hari, daun kelor ini juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

5. Mengangkat sel kulit mati

Daun kelor memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Kombinasi vitamin daun kelor telah terbukti mampu mengangkat sel kulit mati serta menjaga nutrisi kulit.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan daun kelor di permukaan kulit yang ingin Anda angkat kulit matinya. Untuk penggunaan di wajah, jadikan daun kelor sebagai masker wajah.

6. Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori besar biasanya akan muncul akibat paparan sinar matahari atau karena bekas jerawat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun kelor.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan daun kelor sebagai masker. Jika bisa menggunakannya secara rutin, hasil yang didapat akan luar biasa.

7. Menghilangkan flek hitam

Punya masalah dengan flek hitam di wajah? Anda bisa menghilangkannya dengan daun kelor. Seseorang dengan kulit berjerawat biasanya akan mengalami kondisi ini.

Meski tampak mengganggu penampilan, masih bisa diatasi dengan daun kelor.

Gunakan daun kelor sebagai masker. Untuk kadar pemakaiannya, bisa menggunakan sebanyak yang bisa ditempelkan di wajah.

Anda bisa menambahkan madu atau temulawak agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal serta lebih mudah lengket di wajah.

8. Mengatasi mata panda

Manfaat daun kelor untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengatasi mata panda. Mata panda atau lingkaran hitam yang berada di bawah mata dapat disebabkan akibat keseringan begadang, kelelahan, atau karena haid.

Kondisi wajah seperti ini tentu akan mengganggu penampilan. Apalagi mata panda juga sulit untuk dihapus. Namun, tidak perlu khawatir karena mata panda dapat dihilangkan dengan krim yang mengandung vitamin A, B6, dan kandungan protease. Semua kandungan tersebut sudah tersedia dalam daun kelor.

Untuk menghilangkan kondisi mata panda, cukup konsumsi daun kelor atau jadikan daun kelor sebagai masker tanpa campuran dari bahan lain, termasuk buah-buahan.

Source : Saran Sehat

  2 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar