"PIKNIK" YANG MENGUNTUNGKAN; "Karang" di Kandang Semangkon

2 0 1411
Gambar untuk "PIKNIK" YANG MENGUNTUNGKAN; "Karang" di Kandang Semangkon
Oleh: Qimayatul Milla

Desa kami tepat berada di pesisir Pantai Utara Laut Jawa (PANTURA), tepatnya di Ds. Kandang Semangkon, Kec. Paciran, Kab. Lamongan. Secara geografis, letak Desa kami sangat strategis karena dilewati Jl. Raya Deandles SBY-Paciran atau Tuban-Gresik, dan mudah dijangkau dengan naik kendaraan apa saja, berada ± 7 KM dari baratnya Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan ± 5 KM dari pusat TPI Brondong. Jadi kami ini bisa dibilang anak pantai..😁

Satu kebiasaan di Desa kami yang unik nan mengasyikkan adalah "karang", yups.. Karang atau bahasa kami menyebutkan "golek Sipan (berburu Sisipan)", hewan sejenis siput laut mini atau siput laut isap jika ukurannya besar, dan siput laut cukit jika ukurannya mini seperti yang kami buru saat ini. Mereka hidup berkoloni di sekitaran pantai dan menempel pada batu karang maupun akar pohon bakau.

Waktu yang tepat untuk berburu hewan tersebut adalah sore hari saat air laut mulai surut, biasanya hari Kamis dan Jum'at sore adalah momen berburu yg paling ramai diminati kalangan emak-emak, mbak-mbak, serta anak-anak karena bertepatan dengan libur mengaji di TPA.

Duh, kebayangkan ramai seru-seruan bareng, ala-ala piknik tapi menguntungkan, kok bisa? Bisalah, kami bisa piknik menikmati wisata alam nan gratis ini, menikmati panorama senja kala Matahari masuk ke peraduannya, deburan ombak yg landai, angin yang semriwing bikin mata terbuai enggan melek.

Anak-anak yang riang bermain ciprat-ciprat air, jadi si Emak bisa fokus "golek Sipan" sepuas dan sebanyak-banyaknya karena nanti Sipannya bisa diolah jadi masakan khas seperti Bothok Sipan dan Geprek Sipan (sambel jeruk Sipan) untuk konsumsi keluarga atau dapat juga dijual, menguntungkan bukan? Menghasilkan RUPIAH 🤑.

Mbak-mbak yang selain "golek Sipan" juga bisa sembari selfie-selfie (kayak si Author yang sebenarnya sudah pantas jadi emak-emak tapi masih ingin dipanggil mbak 🤣) dengan berlatar Hutan Bakau (Mangrove) yang masih rimbun ditemani kicauan burung Bangau yg bernyanyi riang dan saling berkejaran.

Hutan Bakau atau kami menyebutnya dengan istilah "Tanjang" masih tumbuh subur dan lestari disini. Hutan yang rimbun dengan kehijauannya bikin mata sejuk memandang, hidup berdampingan bersama burung-burung Bangau yang menjadikan hutan ini sebagai singgasananya. Ah, semoga saja hutan ini masih terus lestari sampai anak cucu kita nantinya dan tak ada tangan-tangan jahil. Meskipun daerah Pantura sekarang sudah banyak reklamasi, semoga tidak serta merta membabat habis jantung paru-paru di Desa kami ini.

Alhamdulillah, banyak penggiat peduli alam baik dari masyarakat, Pemerintah Desa, siswa, LSM dan yg lainnya untuk saling berjibaku menanam kembali Bakau-bakau kecil agar nantinya bisa tumbuh semakin banyak & lebat. Seperti halnya di tempat kami ini, ada banyak Bakau kecil yang sudah ditanam kembali disertai tanda pagar dari bambu sebagai tanda bahwa lahan tersebut tidak boleh diganggu-gugat agar Bakau kecil tersebut bisa terus tumbuh.

Besar harapan kami untuk bisa melestarikan jantung paru-paru di sepanjang pesisir PANTURA ini, demi keberlangsungan hidup anak cucu kami kelak, apalagi Hutan Bakau saat ini yang masih tumbuh subur nan rimbun hanya ada di Desa kami, di tempat lain sudah terkikis dg reklamasi.

Bagaimana, mengasyikkan bukan?
Yuk mari, melipir ke Desa kami saja.. 😘

Kandang Semangkon, 16 Oktober 2019.

#7HariKonsistenMenulisCitizenJournalism
#KelasJurnalistikOnline #CiJo #harike1
#belajarmenulis #belajarliterasi #semangatmenulis #pesonaalamdesa #explorekandangsemangkon #lestarialamku #lestaridesaku #lestarinegeriku #cintalam
#hijabtravellers #explorepaciran #lamonganhits

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana

  2. Lowongan DAILY WORKER JAKARTA


Komentar Terbanyak

  1. 14
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 7
    Komentar
  4. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI