Yuk saring informasi sebelum sharing

warga di sekitar Anda di , Bekasi Kota
48852 medium screenshot 20190203 212017
Warga Bekasi dihimbau untuk lebih cermat dalam menanggapi informasi yang beredar lewat Media Sosial, pasalnya jelang pilpres 2019 hampir tiap harinya ada saja postingan hoaks.
Salah satunya adalah informasi pembobolan masjid lewat situs web informasi panjimas.com. di situs ini berisikan informasi tentang beberapa orang yang membobol masjid dan mengacak-acak al quran. Setelah ditelusuri rupa-rupanya itu hoaks, diketahui dari aqun IG @divisihumaspolri. Kejadian sebenarnya adalah anak-anak yang datang ke masjid tersebut, dan mengenai pembobolan, masjid itu tidak terkunci sama sekali, tidak ada kaitan dengan pembobolan.
Untuk selanjutnya dimohon kepada warga agar bisa cerdik menerima informasi.
Beberapa hal yang perlu diketahui terkait hoaks atau tidaknya informasi adalah;

1. Sumber informasi
Pastikan jika informasi tersebut tidak hanya diketahui dari 1 sumber media, gunakan mesin perambah (google) untuk mengetahui informasi tersebut, umumnya hoaks berasal dari sumber-sumber yang tidak jelas linknya.

2. Membandingkan dengan informasi yang lain
Bandingkan informasi yang anda dapat dengan informaai yang kebanyakan beredar di media onlain, semisal AtmaGo, BBC, Kompas, Detik, Pos Kota, Tribunnews dan media lainnya. Jika ada kesamaan dengan informasi yang beredar di media tersebut, biaa dipastikan informasi tersebut benar.

3. Jangan mudah ambil kesimpulan
Cobalah untuk tidak terpancing isu sebelu mengetahui kebenaranya, hoaks akan sangat mudah dipercaya jika anda cenderung mudah memastikan sesuatu sebelum mengetahui kebenaranya, menelusuri asal-muasal informasi tersebut adalah hal yang harus anda lakukan.

3 tips di atas semoga bisa membantu warga dalam melawan hoaks.
Dimohon untuk saring informasi sebelum sharing.

Sumber: IG@divisihumaspolri
Sudah dilihat 57 kali

Komentar