Workshop Evaluasi dan Pengembangan TBM

5 November 2019, 23:31 WIB
2 0 31
Gambar untuk Workshop Evaluasi dan Pengembangan TBM
Taman Baca Masyarakat (TBM) *Rumah Asa* yang berlokasi di Karangkajen, mendapat kesempatan menghadiri kegiatan pembukaan lokakarya *Gerakan Literasi Nasional (GLN)* sekaligus pembukaan *Workshop Evaluasi dan Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) 2019* di Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 4-6 November 2019 ini berlokasi di Hotel Kartika Chandra, kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

Tiga kegiatan utama diantaranya:

1. Sambutan dan Pemaparan dari Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Ir. Haris Iskandar, Ph.D. yang menjelaskan perihal Arah Gerakan Literasi Masyarakat.

2. Sambutan dari Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. sekaligus membacakan sambutan serta mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membuka kegiatan Lokakarya GLN dan Workshop TBM ini.

3. Penyerahan simbolis bahan bacaan untuk daerah 3T, yaitu daerah Terluar, Terdalam dan Tertinggal.

Pemaparan pertama, salah satu hal penting yang dibahas adalah Keahlian Abad 21, 6 literasi dasar serta Kompetensi 4C. Sedangkan pada kesempatan kedua, hal penting yang dibahas adalah peran penting seluruh pihak dalam melaksanakan Gerakan Literasi Nasional yang harus terintegrasi dan ditanggung bersama. Karena pada era ini yang terdepan adalah kolaborasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh PKBM, TBM, LKP, TBM serta perwakilan Dinas Pendidikan beberapa Kota Kabupaten, serta dihadiri pula beberapa pejabat Eselon 2 hingga Eselon 4 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada hari kedua, Taman Baca Masyarakat (TBM) *Rumah Asa* mengikuti presentasi yang diikuti 55 peserta dari seluruh Indonesia. Di sesi kedua, mengikuti perumusan petunjuk teknis (Juknis) pengajuan TBM Rintisan untuk tahun 2020.

#rumahasa #literasi #forumtbmkota #desaberdaya #salamliterasi #tamanbacaanmasyarakat #tbm #kemendikbud

  Komentar untuk Workshop Evaluasi dan Pengembangan TBM

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!