Wisata Situ Rawa Gede Diproyeksikan Terealisasi 2020

37040 medium download
Pemerintah Kota Bekasi berencana merevitalisasi Situ Rawa Gede sebagai objek wisata pada 2020 nanti. Rancangan Detail Engineering Design (DED) situ beralamat di Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu tersebut sudah dibuat, namun perencanaan perlu dimatangkan.

"Mudah-mudahan tahun 2020 terealisasi. Tahun 2019 kita sempurnakan dulu perencanaannya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, Selasa (23/10/2018).

Menurut Lutfhi, Situ Rawa Gede ditata menjadi wisata konservasi air dinilai sangat penting yang bermanfaat sebagai tempat resapan air selain rekreasi masyarakat.

Selain itu Kota Bekasi baru memiliki 16% ruang terbuka hijau (RTH) dari target 30%. Maka destinasi ini yang turut direvitalisasi di sekelilingnya dengan taman tematik diharapkan mampu menambah luas RTH Kota Bekasi.

"Ini sebagai salah satu upaya percepatan penambahan RTH," ujarnya.

Terkait alokasi anggaran, menurutnya akan disesuaikan setelah perencanaan situ yang memiliki luas sekitar 7,3 hektare ini selesai dalam perencanaannya.

Pakar Lingkungan Kota Bekasi, Sony Teguh Trilaksono sepakat dengan rencana revitalisasi Situ Rawa Gede. Pasalnya situ yang ia akui telah ada selama ratusan tahun tersebut terkesan kumuh, terlihat dari gundukan sampah mengitari kawasan situ.

"Situ Rawa Gede itu ciri khas karena udah ratusan tahun, jadi saya pikir harus dioptimalkan perannya," katanya.
Sudah dilihat 25 kali

Komentar