Wisata Selfi Batu Giring Semanu Gunungkidul

Semanu (26/8) Wisata Batu Giring Semanu Gunungkidul gunungkidul

obyek wisata khas Gunungkidul
WISATA UNIK WATU GIRING SEMANU GUNUNGKIDULPosted in Wisata Unik by admin
Kali ini kami sajikan informasi seputar Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul. Obyek wisata ini relatif baru dan belum banyak dikenal sehingga bahkan penduduk lokal pun belum semua mengetahuinya. Pesona apa yang ditawarkan obyek wisata baru di Gunungkidul ini? Berikut informasinya.

Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul memang tidak seperti lazimnya obyek wisata lain yang memang alami ada atau justru obyek buatan yang sengaja dihadirkan untuk obyek wisata. Watu Giring ini justru merupakan obyek wisata yang mulai dikenal karena menawarkan keunikan tersendiri.

Apa itu Wisata Watu Giring Gunungkidul

Obyek Watu Giring atau Batu Giring sebenarnya merupakan lahan bekas galian batu giring, yakni batu yang khusus ditambang sebagai alas tiang penyangga rumah (batu giring = batu untuk alas tiang penyangga rumah). Batuan gamping yang ada di lahan pertanian ini sebelumnya diambil dengan bentuk persegi sehingga meninggalkan bekas galian yang cukup artistik, yakni menyerupai punden berundak.

Sekilas, watu giring ini seperti bangunan candi yang berlapis-lapis seperti anak tangga. Bentuk irisan batu yang cukup beraturan menjadikan bekas galian batu kapur ini layaknya piramida jika dilihat dari galian paling bawah. Bentuknya yang berupa lubang atau kawah menjorok ke bawah terlihat mempesona, menyuguhkan kecantikan tersendiri bagi mereka yang suka berfoto selfie.

Watu Giring

Lokasi Wisata Watu Giring Gunungkidul

Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul ini berlokasi di Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, atau tepatnya di belakang Balai Padukuhan Jelok. Jika diukur dari alun-alun Wonosari, obyek wisata Batu Giring ini hanya sekitar 7 km kearah tenggara, tepat berada di jalur menuju obyek wisata lain yang telah lebih dulu populer, yakni Goa Jomblang.

Jika sobat membuka Google Earth, Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul dapat sobat temukan pada koordinat 7°59’49.17″S dan 110°37’42.70″E. Meski telah ada perubahan suasana di sekitarnya karena pembangunan perumahan, lokasi tersebut cukup mudah dijangkau karena berada tepat di pinggir jalan raya menuju Desa Pacarejo.

Jam Buka Wisata Watu Giring Gunungkidul

Jam buka Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul sementara ini belum dibatasi karena memang tidak termasuk obyek wisata ekstrim dan berbahaya. Sobat dapat kapan saja mampir dan menikmati keindahan lahan bekas galian batu kapur ini seraya menikmati obyek-obyek wisata lain di sekitarnya seperti cahaya surga di Goa Jomblang, asyiknya cave tubing di Goa Kalisuci, maupun romantisme Telaga Jonge.

Namun demikian, sangat disarankan jika mengunjungi Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul di kala hari sudah terang karena selain pemandangannya lebih bagus, bentuknya yang berupa jurang atau lubang tentunya cukup berbahaya jika dinikmati pada hari gelap. Jika ingin mengkombinasi dengan sunset dan sunrise, obyek wisata ini dapat juga dikunjungi di pagi-pagi sekali atau justru saat senja.

Tiket atau Biaya Wisata Watu Giring Gunungkidul

Saat informasi ini ditulis, Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul belum menetapkan tiket atau retribusi khusus. Wisatawan diberi kesempatan untuk memberikan sumbangan seikhlasnya guna pengembangan fasilitas obyek wisata. Sumbangan ini cukup variatif, namun kebanyakan dari pengamatan kami, nominal 2 ribu dan 5 ribu menjadi yang terbanyak.

Namun demikian, sobat harus merogok kocek 2 ribu atau 5 ribu untuk biaya parkir sepeda motor atau mobil. Ada beberapa lahan terbuka yang disewakan untuk parkir tersebut sehingga sobat dapat menikmati obyek wisata Watu Giring ini dengan berjalan kaki dari parkiran yang jaraknya hanya sekitar 100 meter.

obyek wisata gunungkidul

Rute Arah menuju Wisata Watu Giring Gunungkidul

Untuk menuju ke obyek wisata unik Watu Giring ini, sobat dapat mengikuti rute arah yang kami berikan ini, atau menghubungi kami jika kesulitan menemukannya:

Yogyakarta (lurus ke tenggara mengikuti Jalan Wonosari) >> Piyungan (ambil jalan lurus ke Bukit Patuk) >> Wonosari (melewati Kota Wonosari) >> Mijahan (Timur Gardu PLN ada pertigaan ke kanan)>> Watu Giring (sekitar 800 meter ke kanan ada di samping kanan jalan samping Balai Padukuhan jelok)

Solo (ke arah Klaten) >> Klaten (Sebelum masuk Kota ada palng ke kiri arah Wonosari)>> Cawas (melalui Kota Kecamatan lurus ke arah Wonosari)>> Ngawen (Setelah kecamatan ambil arah kanan arah Nglipar, pertigaan ambil kiri ke arah Karangmojo) >> Karangmojo (Perempatan luruh ke arah Semanu) >> Semanu (Belok kanan ke arah Wonosari) >> Mijahan (100 meter setelah Rumah Sakit Pelita Husada ada pertigaan kekiri) >> Watu Giring (sekitar 800 meter ke kanan ada di samping kanan jalan samping Balai Padukuhan jelok).

Cara menuju Wisata Watu Giring Gunungkidul

Untuk mengunjungi obyek wisata unik Watu Giring ini, sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan karena jalurnya belum terlewati angkutan umum. Terdapat beberapa penyewaan kendaraan, khususnya sepeda motor di kawasan Pasar Kembang Malioboro, atau rental mobil online. Kami juga bis amembantu menyediakannya jika berminat.

Namun demikian, jika sobat termasuk backpacker, mengunjungi obyek wisata Watu Giring ini dapat sobat lakukan dnegan menumpang angkutan umum dari terminal Dhaksinarga Wonosari dan mencari angkutan terminal Dhaksinarga-Semanu. Sobat bisa minta diturunkan di samping Rumah Makan Bu Tiwi Tan Tlogo. Dari spot ini, sobat tinggal berjalan kaki sekitar 900 meter ke selatan.

Persiapan Menjelajahi Wisata Watu Giring Gunungkidul

Mengingat obyek wisata ini tidak terlalu ekstrim dan lokasinya dekat dengan jalan aspal, tidak ada persiapan khusus yang harus sobat lakukan. Sobat hanya memerlukan bekal piknik seperti biasa ditambah kamera yang dapat menangkap obyek lebih lebar seperti action camera sehingga background Watu Giring dapat terekam sempurna.

Demikian sekilas informasi tentang Wisata Unik Watu Giring Semanu Gunungkidul. Selamat menikmati keindahan alam Bumi Handayani, Gunungkidul. Jangan lupa berbagi informasi ini kepada teman dan sanak saudara. Jika ada keluhan, saran, kritik, atau masukan bagi blog ini, silakan isi kolom komentar. Terima kasih..