Waspadalah, Penipuan Berkedok Penemuan Dokumen

5 October 2016, 3:30
11 0 280
Gambar untuk Waspadalah, Penipuan Berkedok Penemuan Dokumen
Anda yang tiba-tiba menemukan amplop berisi dokumen penting di tempat umum, sebaiknya hati-hati. Bisa jadi, itu jebakan yang dilakukan penipu untuk menyedot uang di rekening Anda. Sebab, sudah ada tiga korban penipuan dengan model penemuan dokumen itu yang melapor ke Mapolres Malang Kota.

Nah, atas dasar empat laporan itulah, tim Satreskrim Polres Malang Kota melakukan pengungkapan terhadap jaringan penipu antarpulau ini selama beberapa minggu. Dan hasilnya, ada delapan pelaku penipuan yang tertangkap. Penangkapan ini secara bertahap. Dua pelaku, yakni M. Sholekan, warga Sukun Gang III Kota Malang dan Syaufiq Adi Purnomo, warga Kelurahan Ngaglik Kota Batu itu ditangkap lebih awal pada 25 September lalu. Keduanya berperan sebagai juru sebar amplop berisi dokumen penting di sejumlah tempat keramaian seperti kampus, mal, atau di jalan raya. Keduanya tertangkap saat menyebarkan amplop di Jalan Bandung.

Dari penangkapan dua pelaku itu, polisi mengembangkan pengungkapan hingga jaringannya tergulung. Ada enam pelaku lain yang tertangkap dalam rumah kontrakan di Kecamatan Asemrowo, Surabaya, Senin (3/10/2016). Mereka adalah Samsudi Mustamin, Ahmad Amin, Ahmad Nugraha, Jamaludin, Andi Suryanto (kelimanya warga Sidenreng, Rappang, Sulawesi Selatan). Dan satu lagi warga Surabaya bernama Taufiq.

Kapolres Malang Kota AKBP Decky Hendarsono SIK mengungkapkan, penangkapan terhadap jaringan penipu antarpulau itu merupakan jawaban atas keresahan masyarakat yang melapor. Sebab, korban penipuan dengan modus ’sebar dokumen penting’ itu tidak hanya di Kota Malang saja, tapi di sejumlah kota lain. ”Saya sangat mengapresiasi tim satreskrim. Mereka begitu sabar dan detail dalam menyelidik, sehingga kasus penipuan ini terungkap,” ujar Decky saat gelar perkara di Mapolres Malang Kota, Senin (3/10/2016)
(RadarMalang)

  Komentar untuk Waspadalah, Penipuan Berkedok Penemuan Dokumen

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!