Waspadai Info Penawaean Kuota Internet Gratis

Data?1503526018
Para pengguna gadget seperti smartphone dan tablet, diimbau untuk mewaspadai informasi palsu terkait penawaran pulsa dan kuota Internet gratis yang marak beredar. Pesan yang biasanya disebar melalui layanan pesan singkat itu berisikan link tidak populer, dan diyakini mengandung virus yang dapat membahayakan pengguna gadget tersebut.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Masyarakat Informasi & teknologi (MIT), Teuku Farhan. Dia mengimbau masyarakat pengguna gadget agar tidak meng-klik link dalam pesan tersebut. “Penawaran dalam pesan yang disebar itu memang menarik. Tapi jangan coba-coba membuka link itu,” ujarnya mengingatkan.

Menurut Farhan, penawaran hadiah dari operator seluler lazimnya diiklankan di berbagai media, tidak hanya lewat short message service (sms). Selain itu, link atau alamat domain yang disebarkan semestinya sudah populer di masyarakat. “Misalnya pelaku penipuan menggunakan .co (dotco) bukan .com (dotcom) yang sudah populer,” katanya.

Dia juga menyebutkan sejumlah link berbahaya yang marak beredar itu, di antaranya http://3gunlimited.co/kuota50gb/, http://3Gunlimited.co/?Gratis, dan http://3Gunlimited.gq/. “Kalau link tersebut diklik, hp kita berpotensi disadap, dimasukkan virus secara diam-diam, bahkan data akun dan riwayat penggunaan Internet kita juga bisa ditelusuri,” jelas Farhan, dan menyebut efeknya terlihat dalam jangka panjang.

Dia menambahkan, para penipu tersebut biasanya menggunakan kalimat pemikat agar pengguna smartphone mau meng-klik link tersebut. Contohnya, kesempatan terakhir untuk memperoleh kuota Internet 50 GB gratis semua operator. “Bagi yang menerima pesan tersebut harap jangan disebarkan lagi. Karena akan semakin banyak orang yang dirugikan,” tukasnya.

Semoga bermanfaat dan kita semua dapat lebih waspada dalam menyikapi beragam info di medsos yang rawan penipuan.

Disarikan dari indonesianews

Komentar

  • Data?1511178796

    betul kang iqbal n kang alfan. internet begitu liar, sehingga kita jadi sumir atas info mana yg bener dan ga bener. kewaspadaan perlu senantiasa kita tingkatkan. setuju, aparat kepolisian musti bertimdak proaktif kerjasama dg instansi terkait lainnya. jangan menunggu banyak korban baru bertindak...

  • Profile image?1502979699

    Semakin tak terkendali dunia internet

  • Profile image?1502979755

    Nah masalah ini sering kita alami. Saya kira pihak yang berwenang harus menindak pelakunya.