WASPADAI DARAH HAID ANDA

27920 medium 2016 12 28 205958
Dokre Alissya Dwek menyebutkan darah yang cenderung gelap dan menggumpal bisa menandakan ketidakseimbangan hormon. Disamping hormon yang tidak normal, darah haid yang cenderung gelap dan sangat kental mungkin bisa jadi gejala penyakit pibroid rahim.
Fibroid adalah tumor jinak yang terjadi di bagian atas atau di dalam otot rahim. Satu sel membelah berkali-kali dan terus berkembang menjadi menjadi sebuah massa solid yang terpisah dari bagian rahim. Tumor ini dapat berkembang menjadi sebuah atau beberapa blok dengan ukuran yang berbeda-beda.

Tumor kecil tidak akan menimbulkan gejala, tetapi tumor yang lebih besar dapat menyebabkan perdarahan dan mengakibatkan lebih banyak darah yang keluar saat menstruasi. Tumor yang besar akan menekan kandung kemih dan menyebabkan tonjolan pada perut layaknya orang yang sedang hamil.

Seperti apa warna darah haid yang normal?
Menurut seorang pakar hormon dan kesehatan reproduksi wanita dari John Hopkins University, Alisa Vitti, darah menstruasi normal seharusnya berwarna merah terang. Merah di sini maksudnya seperti buah ceri ranum. Pada setiap orang memang warna merah ini bervariasi juga, tergantung pada tingkat kekentalan atau volume darah. Namun, secara umum warna darah seperti ceri menandakan kalau menstruasi Anda teratur dan sehat.

Warna merah terang ini biasanya paling terlihat pada hari pertama dan kedua menstruasi, seperti dijelaskan oleh dr. Raquel B. Dardik, seorang spesialis kandungan dari Langone Medical Center. Pasalnya, darah yang keluar di hari pertama dan kedua biasanya masih segar dan alirannya cukup deras.

sumber : infokesehatan_id
Sudah dilihat 65 kali

Komentar