Waspada Penipuan Berkedok Sedekah

warga di sekitar Anda in Gambir, Jakarta Pusat
5955 medium waspada penipuan berkedok sedekah
Seorang pria bernama Priambodo tertipu mentah-mentah setelah didatangi oleh orang tidak dikenal yang mengaku akan memberikan sedekah. Uang korban sebesar Rp 118 juta di ATM pun raib dibawa pelaku.

Pelaku berjumlah dua orang ditangkap tim Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan AKP Rovan Richard Mahenu, pada Kamis (4/8) malam. Dua pelaku yakni Akbar (47) dan Musliming (40).

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan menjelaskan, kasus tersebut bermula ketika korban didatangi para pelaku saat berada di Jl Mangga Besar Raya, Jakarta Barat pada 14 Juni 2016 lalu.

"Saat itu korban didatangi pelaku yang mengatakan akan membangun usaha di Surabaya, dan kemudian sekitar 5 menit kemudian datang pelaku lainnya menghampiri korban," jelas Hendy, Minggu (7/8/2916).

Dua orang pelaku saat itu mengatakan kepada korban, bahwa mereka ingin bersedekah ke Masjid Istiqlal. Di saat bersamaan, sebuah mobil warna hitam yang ditumpangi pelaku lainnya juga mendatangi korban.

"Kemudian mereka meminta korban untuk ikut mereka ke Masjid Istiqlal," imbuhnya.

Korban yang percaya begitu saja dengan ucapan para pelaku, kemudian menuruti perintah tersebut. Dari masjid tersebut, mereka kemudian membawa korban ke ATM.

"Di ATM itu, korban diminta untuk mengecek saldo milik pelapor dan pelapor pun mengecek saldonya," imbuhnya.

Namun, tanpa disadari, pada saat itu ATM korban telah ditukar oleh para pelaku. Korban baru menyadari ketika mendapatkan notifikasi dari internet banking bahwa telah terjadi transaksi pada rekeningnya senilai total Rp 118 juta.

"Korban pun kemudian mengecek kartu ATM-nya dan ternyata bukan miliknya," tuturnya.

Hendy mengatakan, modus tersebut sudah sering terjadi. Untuk itu, masyarakat diminta untuk berhati-hati apabila ada orang yang meminta diantar ke ATM.

Komentar