Waspada Pengiriman TKI Ilegal

16 May 2019, 11:31 WIB
2 0 67
Gambar untuk Waspada Pengiriman TKI Ilegal
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengingatkan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Pandeglang yang akan berangkat ke luar negeri untuk menggunakan jalur formal. Hal itu diterapken agar para TKI mendapatkan pengawasan dari pemerintah.

Kepala Disnakertrans Pandeglang Sukran mengatakan, dinasnya sudah membuka aduan bagi para TKI yang akan berangkat ke luar negeri menggunakan jalur formal, lantaran melalui program itu para TKI tidak lagi khawatir meski tinggal di luar negeri. "Selain buka aduan, kita juga sudah memberikan imbauan. Kita ingin semua TKI asal Pandeglang yang bekerja di luar negeri, seperti Arab Saudi dan lainnya mendapatkan pengawasan dari pemerintah," kata Sukran, Rabu (15/5).

Menurutnya, hingga saat ini warga Pandeglang yang menjadi TKI hanya ada beberapa. Namun mereka sudah melakukan jalur formal. "Dari laporan yang saya terima mungkin ada tiga orang yang pergi ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan lainnya. Mereka ini sudah punya izin dari pemerintah pakai jalur formal," ujarnya.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Pandeglang Dadun Kohar menjelaskan, saat ini sistem in formal TKI sudah dihentikan dan beralih ke formal. "Jadi sekarang tekanannya ke sektor formal supaya pengawasan dan perlindungan para TKI lebih mudah, kalau in formal lebih susah," jelasnya.

Menurutnya, untuk para TKI sekarang sudah dipermudah dengan adanya petugas lapangan dari PJTKI yang ditempatkan di beberapa kantor yang membuka layanan bagi para TKI. "Petugas lapangan dari PJTKI ini direkrut dari sekolah, dan sekarang sudah ada 400 pengerah jasa tenaga kerja yang sudah memiliki kantor cabang, sehingga masyarakat tidak perlu takut pergi ke luar negeri," paparnya.

  Komentar untuk Waspada Pengiriman TKI Ilegal

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!