Warna Pelangi Pup yang Punya Banyak Arti

27421 medium images %283%29
Halo, Assalamualaikum Atmaguys!!
Pagi-pagi gini biasanya kalian udah pada pup belum? Adakah yang suka memperhatikan warna pelangi pup kalian saat BAB? Hehehe gak perlu malu atau merasa tabu ya. Meskipun berbagai ulasan mengenai feses/tinja/pup yang notabene adalah hal buangan dari tubuh adalah ulasan yang menjijikkan, tapi ada baiknya kalian juga harus paham loh mengenai ciri dan ragamnya. Ada banyak hal yang dapat Atmaguys pelajari tentang kondisi kesehatan hanya dengan mengamati warna dan tekstur dari kotoran, serta frekuensi seberapa seringnya kalian bolak-balik ke kamar mandi. Perubahan pada ritual buang air besar bisa diakibatkan oleh perubahan pola makan dan pola tidur . Namun, juga bisa berarti tubuh sedang bekerja keras melawan suatu infeksi atau menderita suatu kondisi serius. Nah, berikut adalah beberapa warna pelangi pup kalian, disimak baik-baik ya Atmaguys!



1. Kenapa ya feses-ku berwarna cokelat?

Pada dasarnya, warna pup akan dipengaruhi oleh apa yang Anda makan serta dari jumlah empedu (lendir kuning kehijauan yang mencerna lemak dari hati) dalam feses Anda. Sementara pigmen dari empedu mengalir melalui saluran pencernaan Anda, komponen mereka akan diubah secara kimiawi dengan bantuan enzim, mengubah pigmen empedu menjadi kecokelatan.

Nuansa kecokelatan, bahkan sedikit kehijauan, adalah warna yang normal dari kotoran selepas Anda buang air besar. Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang hal ini.


2. Kenapa feses ku berwarna hijau?

Feses yang berwarna kehijauan dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari proses pencernaan yang sangat cepat, macam kalian waktu dikasih THR hehehe hingga konsumsi dari banyak sayuran hijau (akibat kandungan klorofil) atau makanan yang mengandung pewarna hijau. Pada kasus lain, pup berwarna hijau tua dapat disebabkan oleh sensitivitas terhadap minyak Anise, efek samping dari suplemen zat besi atau obat antibiotik.


3. Tapi feses ku warnanya pucat, terang, atau keabuan seperti tanah liat, gimana tuh?

Nah,kalau feses yang berwarna pucat atau terlalu muda (seperti abu-abu tanah liat) bisa berarti masalah jika timbul secara tiba-tiba atau berkala. Meskipun jarang terjadi, tinja berwarna pucat keabuan dapat menandakan penyumbatan pada aliran empedu atau penyakit hati seperti hepatitis . Beberapa obat-obatan, seperti penggunaan bismut subsalisilat (Kaopectate, Pepto-bismol) dan obat anti-diare dalam dosis tinggi juga dapat menyebabkan pup berwarna terang.

Meski terdengar agak aneh, tapi jangan menyepelekan loh, kalian juga bisa memproduksi tinja yang berwarna silver. Warna tidak biasa ini menunjukkan sistem pencernaan yang sangat buruk. Saat feses berwarna pucat (akibat defisit empedu yang tersumbat) bercampur dengan darah, interaksi ini akan mengubah warna feses menjadi silver. Nah, kalau Atmaguys menyadari warna silver pada pup, carilah bantuan medis segera.

4. Aduh, tapi feses ku warnanya beda nih, kuning, berminyak, berbau aneh. Itu kenapa ya?

Wah, tiap menganggapi keberagaman warna feses dan perubahan warna, tekstur dan bau pada pup, kita harus tetap tenang dulu ya. Kalau Atmaguys mengalami pup berwarna kuning berminyak dan sering diikuti oleh bau menyengat, seperti telur busuk atau amis, itu tandanya banyak lemak dalam pup kalian yang belum atau tidak termetabolisme dengan baik. Feses yang memiliki tiga karakteristik ini juga bisa menjadi pertanda penyakit gangguan penyerapan (malabsorpsi) nutrisi, dikenal sebagai penyakit Celiac — segera hubungi dokter jika Anda memperhatikan ada yang berbeda dengan warna pup Anda.

Kadang, feses berwarna kekuningan juga bisa disebabkan oleh gluten protein, yang terdapat pada roti dan sereal.


5. Aduh kak, tapi kok punyaku malah hitam legam, lengket seperti lumpur ya?

Begini Atmaguys, banyak faktor yang dapat mempengaruhi mengapa pup kalian bisa berwarna hitam. Feses kehitaman bisa menjadi hasil dari konsumsi licorice, atau bir hitam, juga dapat dipicu oleh konsumsi suplemen zat besi atau obat yang mengandung bismut subsalisilat (Kaopectate, Pepto-bismol).

Tetapi, tinja yang berwarna hitam legam diikuti oleh penampilan fisik yang terlihat lengket (seperti tar), dan berbau busuk dapat berarti Atmaguys mengalami perdarahan dalam, sebagai akibat dari maag, tumor, atau kanker yang terletak cukup jauh dari rektum untuk memiliki waktu pemulihan yang cukup. Timbul warna ini pada feses kalian merupakan alasan untuk kekhawatiran, dan Atmaguys harus segera mengunjungi dokter.

6. Feses ku merah kayak lipstick ibu-ibu kak, duh kenapa ya?

Haha, lipstick ibu-ibu kan gak selalu merah ya padahal. Oke begini, feses yang berwarna merah termasuk sangat umum, dan disebabkan oleh konsumsi buah-buahan seperti buah bit, tomat, cranberry, atau makanan yang mengandung pewarna merah.

Warna merah juga bisa menjadi pertanda adanya darah dalam feses Anda akibat perdarahan dalam pada usus bawah atau benjolan ambeien (wasir). Darah dalam tinja juga bisa menjadi gejala dari potensi bahaya, seperti kanker, yang membutuhkan perhatian medis segera.

Secara umum, darah bukanlah sesuatu yang wajar untuk ditemukan dalam feses kalian, dan harus pastikan bahwa dokter mengetahui kondisi ini, serta seberapa banyak darah yang muncul.

Tanda-tanda peringatan lainnya untuk diperhatikan saat sistem pencernaan Anda bermasalah adalah demam, nyeri perut, atau dehidrasi — salah satu dari faktor ini dapat terkait dengan gangguan pencernaan, baik oleh virus, usus buntu, atau keracunan makanan.



Terus gimana sih ciri feses atau pup yang sehat dan normal?

Feses yang sehat dan normal adalah feses yang baunya tidak terlalu menyengat, tidak berlendir, 2 atau 3 buah feses dalam sekali keluaran, tidak diperlukan tekanan yang berlebihan saat BAB, teksturnya tidak keras namun juga tidak cair, dan tidak akan mengapung dalam air. Karena feses yang mengapung menandakan banyaknya udara dalam usus besar kalian.

Nah, sudah tau kan seberapa seramnya penyakit-penyakit yang mungkin bisa terjadi kalau kalian abaikan? So, jangan malu-malu menengok feses yang keluar dari lubang anus kalian ya Atmaguys! Jangan lupa selalu jaga kebersihan sanitasi kalian setiap selesai buang air.




Referensi :

http://doktersehat.com/sehatkah-fases-atau-tinja-anda/

https://m.klikdokter.com/info-sehat/read/2696461/inilah-arti-warna-tinja-terhadap-kesehatan-anda

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/01/11/481/1588521/warna-warna-feses-dan-artinya-bagi-kesehatan-tubuh-anda


Komentar