Warga Tiga Agama Desa Pancasila Merayakan Eid-ul-Adha Bersama

31027 medium desapancasila 31030 medium desapancasila
Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan, dikenal dengan sebutan Desa Pancasila. Di desa yang hanya pada radius 4 kilometer dari pusat Lamongan kota ini terdapat tiga agama, yakni Islam, Hindu dan Kristen, yang hidupnya amat rukun. Sama sekali tidak ada sentimen agama di desa itu.

Sikap toleransi tersebut terlihat pada setiap perayaan hari besar dari tiga agama yang ada. Perayaan Hari Raya Idul Adha seperti saat ini, ternyata mereka saling membantu.

Warga yang nonmuslim membantu memotong dan menimbang daging kurban, namun bukan menyembelih. Bahkan warga yang beragama non-Muslim juga mendapat bagian daging kurban.

Ada teman dari Hindu yang membantu mengantongi daging ke dalam plastik. Tidak membantu dalam urusan penyembelihan.

Suasana semacam ini tercipta setiap tahun. Untuk penyembelihannya dilakukan di masjid, tapi untuk pembagian daging kurbannya disalurkan pada semua warga melalui setiap RT.

Tahun ini jumlah hewan kurban di Desa Balun ada sebanyak 124 ekor kambing dan 3 ekor sapi. Seluruh hewan kurban tersebut disembelih di halaman masjid. Untuk proses pengulitan dan pendistribusian dilakukan di masing-masing RT.
Sudah dilihat 21 kali

Komentar