Warga Menolak Aktivitas Tambang PT Waskita Beton Precast Tbk di Gunung Lempuyang

10 July 2019, 19:18 WIB
12 1 853
Gambar untuk Warga Menolak Aktivitas Tambang PT Waskita Beton Precast Tbk di Gunung Lempuyang
Bojonegara.,| – Warga yang tinggal di sekitar Gunung Lempuyang kampung Kejuruan Desa Ukirsari Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, menolak adanya aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT Waskita Beton Precast yang ada di Kecamatan Bojonegara. Warga memperkirakan luasan tersebut akan menggunduli Gunung Lempuyang.
.
Pantauan Atmago.com, Selasa (9/19), di kaki Gunung Lempuyang terlihat aktivitas merakit alat berat dari pembuatan pondasi sampai stone crusher sudah siap untuk di gunakan. Dari pihak perusahaan meminta izin untuk uji coba Stone Claser untuk mengetahui kekuatan, dampak yang di hasilkan dll.
.
Informasi yang di himpun Atmago.com warga yang menolak dari lima kampung di satu desa Ukirsari, yakni kampung Kejuruan, kampung Merapit, kampung Kernaden, kampung Tanggul dan Kampung Kubangwatu.
.
Pada 9 Juli 2019 PKL 20.00 wib, PT Waskita yang didampingi tim dari Kepolisian, TNI, Kecamatan dan Desa melakukan konsultasi publik studi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) kepada masyarakat di Masjid Al-Musyarofah Kp. Kejuruan. Namun dari hasil musyawarah dari berbagai pihak yang di undang seperti Pemerintah tingkat kecamatan, desa, perusahaan dan masyarakat sekitar perusahaan tersebut di tolak untuk aktivitas galian C.
.
Beberapa perwakilan masyarakat menyampaikan, Kami masyarakat yang terdampak Desa Ukirsari, Kabupaten Serang. sangat risau dan was-was dengan adanya Galian C yang ada di gunung Lempuyang kp. kejuruan yang sangat membahayakan lingkungan sekitar. Kita (masyarakat) menolak dengan banyak sekali pertimbangan secara ilmiah, alamiah dan ilahiah.
.
"Menimbang dari segi histori bahwa gunung lempuyang memiliki sejarah yang perlu di perhitungkan pada masa penjajahan yang di gunakan oleh para ulama setempat untuk mengintai musuh. Lalu dari segi spiritual, di atas gunung lempuyang terdapat makam Kramat yang sering di ziarahi oleh masyarakat sekitar. Dari segi sosial perusahaan tidak pernah ada bentuk sosialiasi terhadap masyarakat," katanya.
.
Dari segi ekonomi adanya perusahaan tersebut sangat merugikan masyarakat, karena rusaknya lokasi di wilayah pertanian yang sangat rawan bila suatu saat musim penghujan banjir, bahkan sudah merusak persawahan masyarakat dan merugikan terhadap petani karena bakal gagal panen, dari segi lingkungan sudah jelas berdampak sangat berbahaya.
.
Untuk itu kami warga yang terdampak Galian C tersebut Menolak adanya aktifitas pertambangan di gunung Lempuyang. Oleh karena itu, kami mohon perhatian dan kepedulian dari Instansi terkait dan harapan kami agar Galian C milik BUMN tersebut diberhentikan beraktifitas tanpa adanya gerakan massa untuk penolakan kegiatan tambang yang sangat merugikan masyarakat Kp. Kejuruan dan kp. Merapit umumnya desa ukirsari dan kerusakan lingkungan.
.
Pada kesempatan tersebut perwakilan pihak perusahaan mengatakan, kami hanya meminta izin kepada masyarakat untuk uji coba Stone Claser, untuk mengetahui kekuatannya, dampak yang di hasilkan, kebisingan dll.
.
Lanjutnya, namun jika memang masyarakat tidak mengizinkan dan menolak adanya aktivitas Galian C yang ada di gunung Lempuyang tidak jadi masalah, "silahkan masyarakat buat petisi dan tuliskan keberatan dan alasan penolakan, secara tertulis agar nanti kami sampaikan ke pusat," pungkasnya pada saat musyawarah dengan masyarakat.
.
#AtmagoBanten
#Atmago
#TolakPertambangan

  1 Komentar untuk Warga Menolak Aktivitas Tambang PT Waskita Beton Precast Tbk di Gunung Lempuyang

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Lautan Alam

Untuk mengagalkan Galian C Di bukit lempuyang dan merupakan situs sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan, kekuatan dari masyarakatlah yang bisa mendobraknya

Related Posts

Terbaru

Berita Warga
2 jam

Resep Bakwan Sayur

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Dolok Merawan, Serdang Bedagai

Terpopuler

  1. Alhamdulillah Telah Hadir Radio Rodja 100.1 FM

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cileungsi, Bogor Kota  |  20 Feb 2020
  2. Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020
  3. Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  18 Feb 2020
  4. Menyatukan Langkah, FKDM se-Kota Yogyakarta Melakukan Rakordasi Perdana 2020

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  21 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Meski tanpa aplikasi,SARIPAH bisa menulis

    Arianto  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    20 - 02 - 2020

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  4. 3
    Komentar

    GempaBumi Magnitud 4,9 Guncang Lebak, Terasa Hingga Sukabumi

    Andrian Volunteer  di  Cikole, Sukabumi Kota  |  17 Feb 2020