Warga Masih Bandel Membuang Sampah di Kali Krukut

34884 medium kkjp
Warga di sekitar Kali Krukut kawasan padat penduduk Kebon Melati, Jakarta Pusat, kucing-kucingan dengan Petugas UPK Badan Air Kecamatan Tanah Abang saat membuang sampah ke kali.
Petugas UPK Badan Air Kecamatan Tanah Abang Yogi mengatakan, warga biasa buang sampah di malam hari ketika petugas UPK Badan Air telah meninggalkan lokasi pembersihan. "Main kucing-kucingan kita sama mereka. Kita siang ini beresin nih, nanti malam mereka pada buangnya, jadi kita pagi datang itu sudah banyak lagi sampahnya," kata Yogi.

Yogi menuturkan, sampah-sampah yang berserakan di Kali Krukut hampir seluruhnya berasal dari rumah tangga yang berada di bantaran kali. Ia mengaku, sudah berulang kali mengingatkan warga untuk tidak buang sampah di kali, namun imbauannya itu tak pernah digubris warga. "Sampai capek kita bilanginnya, sudah berkali-kali, sampai bosan," ujar Yogi.

Sampah yang berserakan di sana terdiri atas sampah plastik, styrofoam, dan daun-daunan kering. "Saluran air dari rumah warga juga dibuang ke kali semua, jadi limbah manusia juga ada," kata Yogi, menambahkan. Adapun jumlah sampah yang diangkut dari Kali Krukut di kawasan Tanah Abang setiap harinya mencapai 8 hingga 10 meter kubik.

Kami semua mengiimbau ke warga untuk bertanggung jawab atas lingkungan dan pembuangan sampah yang akan berdampak kepada banyak pihak lainnya. Jadilah warga yang pintar dan peduli!
Sudah dilihat 18 kali

Komentar