Warga Kampungbaru, Rayakan Lebaran 2020 Tanpa Bersalaman

25 May 2020, 00:53 WIB
6 0 41
Gambar untuk Warga Kampungbaru, Rayakan Lebaran 2020 Tanpa Bersalaman
BANYUWANGI – Masyarakat di lingkungan Kampungbaru, Dusun Panjen, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, menyambut lebaran 2020 tanpa bersalaman.
Ini karena, lebaran umat muslim di tahun 1441 Hijriah ini jatuh bertepatan dengan masa pandemi bencana Covid-19.
Meskipun memilih untuk tidak bersalaman dan tidak melakukan safari silaturahmi dari rumah ke rumah, warga Desa Jambewangi ini tetap merayakan lebaran walau hanya di dalam rumah saja.

Pantauan TIMES Indonesia hingga berita ini ditulis, aktivitas masyarakat di lingkungan tersebut tidak seramai lebaran biasanya. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sejak pagi pasti sudah banyak lalulintas masyarakat yang melakukan safari dari rumah ke rumah.

Namun kali ini, terpantau hanya segelintir warga saja yang nampak keluar rumah. Uniknya, di setiap rumah warga terdapat poster yang menyatakan bahwa, meskipun merayakan lebaran tanpa bersalaman, namun tidak berarti memutus tali persaudaraan.

Idul Fitri di masa pandemi Covid-19, rapopo ora salaman, sing penting tetep seduluran," begitu bunyi tulisan dalam poster tersebut, dikutip TIMES Indonesia pada Minggu (24/5/2020). Salah satu pemuda lingkungan setempat mengatakan, komitmen tidak bersalaman ini sebagai bentuk dukungan mereka kepada pemerintah. Yakni untuk menekan resiko penularan Covid-19. Kesepakatan tidak bersalaman ini, sekaligus sebagai wujud warga Kampungbaru untuk melindungi keluarga masing-masing dari ancaman virus mematikan tersebut.

lebaran tahun ini kita tidak berjabat tangan. Namun tetap saling bermaafan," kata Andri Dwi Mardiono, Sekretaris Forum Komunikasi Remaja Kampungbaru.

Dalam berucap maaf, warga setempat memiliki ragam cara untuk mengucapkannya. Ada yang menggunakan pesan singkat elektronik, adapula yang menggunakan panggilan video. Meski demikian, sebagian warga ada yang memilih untuk melakukan safari dari rumah ke rumah. "Bagi warga yang melakukan silaturahmi dari rumah ke rumah itu hak mereka, namun itu dilakukan selintas saja. Aturannya tetep, pakai masker dan tidak bersalaman," katanya.

Terpantau juga, dari ratusan rumah di Kampungbaru hampir keseluruhannya menyediakan gentong cuci tangan di depan rumah masing-masing. Kesadaran masyarakat lingkungan tersebut patut diacungi jempol. Selain itu, samar-samar tercium bau disinfektan dari beberapa sudut rumah warga.

"Kemarin kita lakukan disinfektasi secara massal disini. Kita juga bagikan ratusan masker," katanya.

Meski berkomitmen untuk merayakan lebaran 2020 tanpa bersalaman, namun warga lingkungan Kampungbaru, Dusun Panjen, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi ini, tidak membatasi siapapun yang ingin bersilaturahmi. Dengan syarat, memakai masker dan menjaga jarak dengan tidak melakukan kontak fisik secara langsung.

(Source : timesindonesia)

Repost :

Informasi Banyuwangi


#BanyuwangiLawanCorona
#PMIBanyuwangi

  Komentar untuk Warga Kampungbaru, Rayakan Lebaran 2020 Tanpa Bersalaman

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Pelatihan Kerja Gratis dari BAZNAS DKI

    Wiwin Anastasia  di  Jakarta Pusat  |  3 Jul 2020
  2. Gempa M. 6,1 Guncang Jepara Jawa Tengah , Getaranya Terasa Sampai Sukabumi

    HumanityNews  di  Cikole, Sukabumi Kota  |  7 Jul 2020
  3. MOBIL TERTABRAK KERETA API DIPUCUK LAMONGAN

    Ulin Nuha  di  Pucuk, Lamongan  |  2 Jul 2020
  4. Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat Ibadah

    Hendra Gilang  di  Jakarta Pusat  |  1 Jul 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pelatihan Kerja Gratis dari BAZNAS DKI

    Wiwin Anastasia  di  Jakarta Pusat  |  3 Jul 2020
  2. 2
    Komentar

    Hubungi Pak Syamsul Untuk Cuci Mobil Panggilan Wilayah Jaksel

    Widya Sari  di  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan  |  7 Jul 2020
  3. 1
    Komentar

    Pengumuman 20 Pemenang Survey COVID-19

    AtmaGo  di  Jakarta Pusat  |  4 Jul 2020
  4. 0
    Komentar

    Benarkah Bawang Putih Dapat Turunkan Risiko Kanker?

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Krembangan, Surabaya  |  6 Jul 2020