WARGA DIY GELAR KEMAH KONSTITUSI

26 December 2018, 15:13 WIB
3 0 181
Gambar untuk WARGA DIY GELAR KEMAH KONSTITUSI
Yogyakarta 26 Desember 2018. Sejumlah kelompok elemen masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar KEMAH KONSTITUSI pada tanggal 26 - 28 Desember 2018 di halaman DPD RI DIY Jl. Kusumanegara No 133 Yogyakarta.

KEMAH KONSTITUSI digelar untuk memperkuat / mengembalikan marwah kelembagaan DPD RI sebagai lembaga negara yang secara perundang-undangan berisikan orang-orang yang tidak terkait dengan kepengurusan dan atau jabatan di partai politik.

Sebagaimana diketahui KPU Pusat belum lama ini menghadapi gugatan hukum terkait sikapnya yang mencoret calon anggota DPD RI yang tidak mau melampirkan surat pengunduran diri dari ketua umum partai politik. Sikap KPU ini dilandasi oleh keputusan Mahkamah Konstitusi sebelumnya yang menguatkan peraturan PKPU No 14 tahun 2018 dengan mengeluarkan PKPU No. 26 Tahun 2018 yang substansinya tentang larangan pengurus partai politik menjadi calon anggota DPD RI.

Aturan ini bertujuan agar peran dan kewenangan DPD RI murni mewakili kepentingan daerahnya.

KEMAH KONSTITUSI juga bertujuan menyuarakan kedzoliman yang dilakukan Badan Kehormatan DPD RI yang memberhentikan sementara senator DPD RI DIY GKR. Hemas. Ketidakhadiran GKR. Hemas dalam sidang/rapat DPD RI dikarenakan pihaknya tidak mengakui kepemimpinan DPD RI saat ini yang dinilai ilegal dan kasusnya masih berlanjut di tingkat kasasi. Keputusan BK DPD RI juga melanggar ketentuan UU MD3 yang mengatur pemberhentian sementara hanya dapat dilakukan jika seseorang telah ditetapkan sebagai terdakwa dalam kasus pidana.

KEMAH KONSTITUSI akan diisi beragam acara antara lain orasi kebangsaan, diskusi konstitusi, pentas seni dan ronda konstitusi.

Sejumlah anggota DPD RI DIY, pakar hukum, dan akademisi, serta tokoh masyarakat dijadwalkan hadir sebagai narasumber dalam diskusi konstitusi antara lain GKR. Hemas, Afnan Hadikusumo, Cholid Mahmud, Hafidh Asrom, Prof. Mahfud MD, Irman Putra Sidin, Zaenal Arifin Mochtar, Oce Madrid, Hifdzil Alim, Riawan Tjandra, Zuly Qodir, Faras Umaya dan lainnya, demikian tutur Widihasto Wasana Putra sebagai ketua panitia acara kemah konstitusi

Susunan acara KEMAH KONSTITUSI sebagai berikut :

Rabu 26 Des 2018
13.00 Apel pembukaan kemah
14.00 Orasi kebangsaan
15.00 Pentas seni
19.00 Diskusi Konstitusi l
22.00 Ronda Konstitusi

Kamis 27 Des 2018
10.00 Pentas seni
13.00 Diskusi Konstitusi ll
15.00 Pentas seni
19.00 Diskusi Konstitusi lll
22.00 Ronda Konstitusi

Jumat 28 Des 2018
14.00 Diskusi Konstitusi lV
16.00 Pernyataan Sikap

Panitia KEMAH KONSTITUSI mengundang masyarakat luas hadir di acara yang terbuka untuk umum ini.

  Komentar untuk WARGA DIY GELAR KEMAH KONSTITUSI

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!