Wali Murid SMA/SMK Negeri Bekasi Keberatan Menanggung Gaji Guru Honorer

Header illustration
ORANGTUA siswa SMA dan SMK Negeri di Kota Bekasi mengeluhkan tingginya biaya pendidikan anaknya di sekolah. Sebab mereka harus menanggung gaji guru honorer lewat iuran yang dibayar ke sekolah setiap bulan.

Seperti yang diungkapkan oleh AN (40) salah satu wali murid dari SMA Negeri 08, Kota Bekasi ini. AN mengaku tahu hal tersebut setelah pihak sekolah mengundang para wali murid untuk menggelar rapat. Dalam rapat itu, sekolah menyampaikan bahwa gaji guru honorer yang ada di sekolah akan dibebankan ke para wali murid melalui iuran.

Dengan adanya kebijakan ini, maka iuran sekolah naik dari Rp 150.000 menjadi Rp 260.000 per bulan. Soalnya dari 71 guru yang ada di sana, hanya tujuh orang yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

“Kalau untuk siswa kelas XII malah lebih tinggi, orangtua dibebankan Rp 300.000 per bulan karena ada tambahan kegiatan akhir tahun jelang kelulusan,” ujarnya.

Sebagai orangtua siswa, AN mengaku tak bisa berbuat banyak selain terpaksa mengikuti aturan dari pihak sekolah. Kondisi tersebut terjadi lantaran wewenang sekolah SMA dan SMK yang ada di Kabupaten/Kota diambil alih oleh pemerintah provinsi sejak awal 2018.

Sehingga uang Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah Kota/Kabupaten tidak lagi mengalir ke pihak sekolah. Padahal subsidi tersebut amat membantu beban operasional sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi mengatakan Pemerintah Kota Bekasi sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat agar anggaran gaji guru honorer dapat diberikan. Namun, proses tersebut butuh waktu yang tidak pendek.

“Kita semua ingin masyarakat tidak lagi terbebani oleh biaya pendidikan. Hanya orangtua perlu bersabar, mudah-mudahan tahun depan beban itu akan berkurang,” kata Ali.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Menanggung Gaji Guru Honorer, Wali Murid SMA/SMK Negeri Bekasi Keberatan, http://wartakota.tribunnews.com/2018/07/23/menanggung-gaji-guru-honorer-wali-murid-smasmk-negeri-bekasi-keberatan.
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Fred Mahatma TIS
Sudah dilihat 27 kali

Komentar