Wakil Bupati Gunungkidul: Germas Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

31187 medium gk
Wakil bupati Gunungkidul Dr Drs H Immawan Wahyudi MH melaksanakan deklarasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Kerdonmiri, Karangwuni, Rongkop, Jumat (24/08/2018).

“Perilaku hidup sehat sebenarnya bukan hal baru bagi masyarakat. Karena hal ini merupakan bagian upaya promotif dan preventif mewujudkan kualitas kesehatan. Pemerintah dengan didukung berbagai pihak yang bergerak dibidang keehatan, sudah sejak lama mencanangkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Agar upaya ini didukung seluruh komponen masyarakat,” kata Immawan Wahyudi ketika membacakan sambutan Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos.

Upaya preventif tersebut ternyata belum berpengaruh positif pada pencapaian derajat kesehatan masyarakat, karena telah terjadi perubahan pola penyakit yakni ditandani peningkatan kasus tidak menular. Penyakit tersebut diantaranya hipertensi, jantung, stroke, gagal ginjal dan sebagainya. Kondisi tersebut juga terjadi di Gunungkidul, sebagian besar dipengaruhi pola hidup, pola konsumsi yang tidak seimbang dan kurangnya asupan buah-buahan. Beberapa penyebabnya adalah, tingginya konsumsi karbohidrat, lemak dan bahan makanan tambahan, kurangnya aktivitas fisik sehingga menyebabkan obesitas sejak usia anak; dan tingginya jumlah perokok di dalam keluarga serta pola hidup lain yang tidak sehat.

Melihat kenyataan kasus penyakit tidak menular yang semakin banyak, maka Pemkab Gunungkidul membumikan Germas sehingga menjadi budaya dan diterapkan secara nyata. Melalui germas, menjadi upaya preventif yang mengandung semangat kebersamaan dan saling mendukung. Saling membutuhkan keteladanan, pendampingan yang memadai. Agar masyarakat semakin tergerak menerapkan perilaku hidup sehat.
Sudah dilihat 29 kali

Komentar