Wajib Baca Nih Fakta Tentang Lampung

34590 medium fakta lampung
Sejak resmi berdiri pada 18 Maret tahun 1964 Provinsi Lampung telah ikut membidani lahirnya pembangunan nasional, baik di bangunan fisik maupun sumberdaya manusianya. Baru-baru ini tol trans Sumatra di Lampung membuktikan bahwa penggenjotan insfrastruktur fisik menjadi tonggak kebangkitan tanah lada. Beberapa pelajar dan mahasiswa berprestasi juga silir berganti menempati puncak tangga prestasi di negeri ini. Berikut adalah fakta-fakta tentang Lampung

1. Punya Kawasan Konservasi Lingkungan Yang Lengkap
Fakta mengenai lengkapnya kawasan konservasi di Lampung tak banyak diketahui orang. Sebenarnya di Lampung ada taman nasional bukit barisan selatan dan way kambas, cagar alam anak gunung krakatau, taman hutan raya wan abdul rachman, kebun raya liwa dan kebun raya itera, Lampung mangrove center margasari, tambling wildlife dll. Tempat tersebut adalah kawasan konservasi bagi tumbuhan dan satwa serta penyangga siklus air dan tanah.

2. Punya Bendungan Terbesar di Asia Tenggara
Sejak diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 8 Maret 2004 lalu Lampung punya bendungan dengan luas 3.560 hektare bernama batutegi yang digadang-gadang terbesar di seantero Asia Tenggara (Asean). Letak bendungan ini berada di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. Bendungan megah ini di fungsikan untuk pembangkit listrik dan saluran irigasi.

3. Pantainya Mendunia
Garis pantai yang panjang membuat Lampung punya banyak potesi wisata pantai. Pantai tanjung setia, teluk kiluan dan pahawang adalah contoh dari deretan pantai yang sudah dikenal turis asing. Jika pengembangan dari perintah tersus digencarkan dan masyarakat bersikap friendly terhadap pengunjung maka bisa jadi saingan kuat Pulau Dewata

4. Punya Aksara Sendiri
Fakta tentang lampung yang tidak dimiliki daerah lain adalah aksaranya, layaknya honocoroko di Jawa, Lampung punya aksara yang sering juga disebut "kagangapa". Kita patut membanggakan sekaligus tetap melestarikan aksara Lampung ini.

5. Penyumbang Atlet Angkat Besi
Sri Wahyuni adalah salah satu atlet angkat besi putri yang berhasil menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Rio 2016. Dia meraih perak pada kelas 48 kg di Rio De Janeiro, Brasil. Selain itu banyak lagi nama atlet yang telah berhasil menyumbang medali bagi Indonesia baik di olimpiade maupun asian games dan sea games. Kebanyakan atlet adalah jebolan dari Padepokan Angkat Besi Gajah Lampung di Kabupaten Pringsewu.

6. Menjadi Gerbang Sumatera
Lampung adalah daerah yang paling dekat dengan Pulau Jawa diantara daerah-daerah lainnya di Sumatra. Pelabuhan bakauheni menjadi pintu masuk bagi barang maupun orang dari pulau Jawa. Selain itu jarak tempuh dari ibukota Jakarta pun hanya sekitar 30 menit menggunakan peswat, artinya itu adalah sebuah jarak yang cukup dekat.

7. Gubernur Termuda di Tanah Air
Tahukah anda bahwa Ridho Ficardo adalah gubernur termuda di Indonesia pada saat ini (2017). Usianya baru menginjak 33 tahun. Tentu sebagian orang terkaget-kaget karena belum tahu kiprahnya dan tiba-tiba melejit menjadi orang nomor satu di Provinsi Lampung. Politisi partai demokrat ini memang sebelumnya belum seberapa terkenal di Lampung.

8. Manusia Tertinggi Di Dunia
Fakta tentang Lampung yang mendunia adalah manusia tertinggi di Indonesia bahkan dunia yang berasal dari Provinsi Lampung. Namanya adalah Suparmono namun, pemuda jangkung asal Lampung ini telah meninggal dunia. Sebelumnya beliau tercatat sebagai orang tertinggi. Menurut Republika tingginya adalah 2,42.

9. Punya Politikus Hebat
Berbagai daerah mungkin memiliki tokoh politikusnya, namun tokoh tersebut tak sampai berpengaruh kuat di perpolitikan nasional. Lampung memiliki tokoh-tokoh tersebut diantaranya Aburizal Bakri (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN ) dan Ahmad Muzamil (PKS) serta Siti Nurbaya (Mentri LHK).

10. Alm Bob Sadino Orang Lampung
Nama lengkapnya adalah Bambang Mustari Sadino, beliau lahir di 9 Maret 1933 di Tanjung Karang. Bob Sadino, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Tokoh pengusaha nyentrik ini sangat fenomenal di tanah air.

11. Antv Dulunya Tv Lampung
Tahukah anda bahwa stasiun swasta besar tanah air yaitu ANTV (singkatan dari Andalas Televisi) adalah sebuah stasiun televisi yang mulanya tayang hanya di Lampung. Stasiun televisi ini awalnya disiarkan pada 1 Januari 1993 di Provinsi Lampung, kantornya pun berada di Bandar Lampung. Stasiun tv ini juga terbilang sukses menayangkan Piala Dunia FIFA 2014 bersama tvOne. Tentu hal ini adalah fakta tentang Lampung yang tak banyak diketahui orang.

12. Punya 2 Bandara
Selain Bandara Internasional Raden Iinten II, faktanya Lampung punya bandara lain di Kabupaten Pesisir Barat yaitu Bandara Serai.

13. Kopi Lampung
Mungkin masih kalah dengan pamor kopi Gayo atau Toraja, namun sebenarnya jauh-jauh hari kopi Lampung telah menjajaki berbagai belahan dunia. Kualitas kopi Lampung tak bisa dipandang sebelah mata. Umumnya produksi dari Lampung Barat dan Tanggamus dengan jenis Robusta.

Sumber artikel (www.majalahlampung.com)
Sudah dilihat 32 kali

Komentar