WABUP TOLITOLI KEMUKAKAN 3 POIN TINDAKAN PREVENTIF YANG PERLU DILAKUKAN DALAM PENGAWASAN PUPUK

4 September 2019, 01:01 WIB
2 0 123
Gambar untuk WABUP TOLITOLI KEMUKAKAN 3 POIN TINDAKAN PREVENTIF YANG PERLU DILAKUKAN DALAM PENGAWASAN PUPUK
Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding membuka sekaligus menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tolitoli di Aula Hotel Dini Fitri pada Selasa pagi (3/9). Rakor ini bertujuan untuk mengkoordinasikan kegiatan masing-masing Instansi dan Unit Kerja terkait dalam melakukan pengawasan dan pembinaan pada masyarakat yang berhubungan dengan produksi, penyimpanan, peredaran, pemanfaatan atau penggunaan pupuk dan pestisida sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Saat memberikan sambutan, Wakil Bupati Tolitoli mengungkapkan, pupuk dan pestisida merupakan sarana produksi yang sangat menentukan dalam pencapaian target produksi Nasional. Untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan dampak negatif dari peredaran dan penggunaan pupuk dan pestisida, perlu dilakukan pengawasan di tingkat pengadaan, peredaran, penggunaan pupuk dan pestisida secara terkoordinasi antara pusat dan daerah serta antar instansi terkait di bidang pupuk dan pestisida. Selain itu, pengawasan pupuk dan pestisida perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai permasalahan yang timbul akibat peredaran pupuk dan pestisida yang tidak terdaftar termasuk peredaran pupuk dan pestisida palsu.

Pada kesempatan itu, selaku Pemerintah Daerah, Wakil Bupati Tolitoli mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama melakukan pengawasan agar jangan sampai ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan pribadi dengan menjual melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah dan melakukan antisipasi permasalahan yang mungkin timbul dalam distribusi pupuk maupun penggunaan pupuk dilapangan, serta diharapkan kepada semua Instansi terkait untuk melakukan tindakan preventif antara lain :
1. Melakukan koordinasi antar instansi terkait kapan pupuk bersubsidi tersebut dibutuhkan, jadwal penyaluran harus jelas dan sesuai kebutuhan, dengan demikian pupuk bersubsidi yang akan disalurkan itu sampai ke tangan petani tepat pada saatnya;
2. Meningkatkan intensitas penyuluhan untuk efesien penggunaan pupuk sesuai rekomendasi dan gunakan pupuk berimbang; dan
3. Tingkatkan peran dan fungsi KP3 dan secara terus menerus melakukan pengawasan distribusi pupuk dan pengawasan pupuk.
Ketua Panitia Pelaksana Rakor Nani Yuliani Fitriyah, SP melaporkan, Rakor tersebut diikuti sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota KP3 Kabupaten Tolitoli, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Mantri Tani, Pejabat Fungsional Penyuluh, Distributor dan Pengecer pupuk dan pestisida serta para Kelompok Tani. Turut hadir pada acara pembukaan Rakor KP3 Kabupaten Tolitoli, Asisten Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Muh. Nur Munawar, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tolitoli Rustan Rewa, SP.,MP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tolitoli Samsuh Hi. Saleh, M.Si, Pimpinan BRI Cabang Tolitoli, Pejabat Kepolisian Resor (Polres) Tolitoli, Pejabat Komando Distrik Militer (Kodim) 1305 Buol Tolitoli serta tamu undangan terkait lainnya.

  Komentar untuk WABUP TOLITOLI KEMUKAKAN 3 POIN TINDAKAN PREVENTIF YANG PERLU DILAKUKAN DALAM PENGAWASAN PUPUK

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa DKI Jakarta Tahun 2020

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Penjaringan, Jakarta Utara  |  14 Sep 2020
  2. Warung Digital Wirogunan "www.klarisan.com" tempat jualan online Warga Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  14 Sep 2020
  3. Berkolaborasi Menggapai Mimpi Kampung Karangwaru Kidul, Tegalrejo

    Abdul Razaq  di  Tegalrejo, Yogyakarta  |  18 Sep 2020
  4. Mimpi Kampung Dukuh Mengawali Masterplan di Kelurahan Gedongkiwo

    Abdul Razaq  di  Mantrijeron, Yogyakarta  |  14 Sep 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    WORLDCLEANUPDAY, 19 SEPTEMBER 2020

    Umi sulvian  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  19 Sep 2020
  2. 5
    Komentar

    Mimpi Kampung Dukuh Mengawali Masterplan di Kelurahan Gedongkiwo

    Abdul Razaq  di  Mantrijeron, Yogyakarta  |  14 Sep 2020
  3. 4
    Komentar

    Penyusunan Masterplan Kampung Surokarsan

    mas agus  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  19 Sep 2020
  4. 1
    Komentar

    FORMMAD WARNA BARU KEGIATAN OMS DI BOYOLALI

    Fafa Siregar  di  Wonosegoro, Boyolali  |  15 Sep 2020