Verifikasi Lahan Agroforestry KTH Wana Bumi Lestari

2 0 224
Gambar untuk Verifikasi Lahan Agroforestry KTH Wana Bumi Lestari
Girimulyo.atmaGo.com

Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) DIY pada hari Selasa, 10 September 2019 melakukan verifikasi pemetaan calon lahan baru untuk penanaman hutan rakyat pola pengkayaan agroforestry kepada KTH Wana Bumi Lestari. Seperti diketahui bahwa pada bulan Mei 2019 KTH Wana Bumi Lestari dusun Patihombo Purwosari mengajukan proposal kegiatan dan bantuan tanaman buah yang diajukan kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Propinsi DIY. Sehingga dalam kesempatan itu dilakukan verifikasi calon lahan tanaman hutan rakyat yang diajukan. Untuk lokasi masing-masing berada diwilayah pedukuhan Patihombo desa Purwosari kecamatan Girimulyo. Adapun areal lahan yang disediakan sekitar 10 ha meliputi areal perkebunan rakyat yang berupa tanaman palawija, kelapa, cengkeh dan tanaman kayu-kayuan.
Dari areal yang di lakukan uji verifikasi oleh Dishutbun DIY meliputi sampel lahan sekitar 6 tempat. Lahan tersebut nantinya akan ditanami tanaman buah yaitu durian dan apukat. Selanjutnya sisa lahan yang lain agar dikondisikan oleh kelompok. Kemudian sebagai tanaman perindang adalah tanaman sengon.

Menurut ketua KTH Wana Bumi Lestari, Ludiyo mengatakan bahwa kebutuhan tanaman buah sangat diperlukan karena saat ini masyarakat lebih banyak menanam tanaman kayu-kayuan. Mereka beranggapan bahwa tanaman kayu-kayuan cepat besar dan dapat dijual. Namun sebaliknya tanaman buah perlu proses panjang. Namun jika dilihat dari segi manfaat bahwa tanaman buah-buahan selain menjanjikan produktif sangat berperan sebagai tanaman perdu dan menyimpan air. Oleh karena itu kelompok kami meminta bantuan bibit tanaman tersebut.

Sementara itu kepala dusun Patihombo Y. Sujiman, S.Pd menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Verifikasi Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY atas perhatiaanya selama ini. Bahwa di wilayahnya sangat diperhatikan terbukti akan diberikannya bantuan bibit buah dan tanaman kayu-kayuan. Meskipun saat ini baru dilakukan tahap proses awal, namun beliau sangat optimis ini menjadi sebuah awal yang baik bagi kemajuan masyarakat di wilayahnya. Dan menjadi spirit besar mengolah lahan secara maksimal untuk kesejahteraan, pungkasnya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    FGD Prioritasi Advokasi Dana Kelurahan Kota Surakarta

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  15 Jan 2021