Usaid Apik Dukung Api Prb Di Desa Dan Kelurahan

26097 medium post 35305 4f5c0299 e33d 422e a56b b87d62751f0a 2018 05 29t12 59 22.596 07 00
26098 medium post 35305 2fab9622 1288 4857 ba2c 328978191bee 2018 05 29t12 59 23.138 07 00
USAID APIK telah meluncurkan program Pengarusutamaan Ketahanan kedalam kebijakan perencanaan lokal desa dan kelurahan dikabupaten Blitar. Program ini di laksanakan oleh Pattiro sebagai organisasi mitra pelaksanaan. tujuan dari program ini adalah mendorong API PRB sebagai salah satu yang diarusutamakan dalam perencanaan pembangunan. kenapa API PRB harus menjadi agenda yang diakomodir, karena saat ini desa memiliki kewenangan yang sangat besar untuk menentukan agenda pembangunan secara mandiri. dengan masuknya agenda API PRB didalam perencanaan desa maka diharapkan akan diikuti pula dengan anggaran APBDEsa. Sementara dikelurahan agenda program ini diarahkan untuk mendorong OPD terkait untuk semakin kongkrit dalam upaya Adaptasi perubahan Iklim. program ini dilaksanakan selama 1 tahun mengambil tempat di kelurahan Sutojayan karena dominasi banjir serta Desa Semen dominasi bencana longsor.
kegiatan dalam program ini diantaranya adalah melakukan kajian resiko iklim partisipatif komunitas dimana kegiatan ini menghasilkan RAK sebagai acuan menyusun kerangka aksi untuk masyarakat dan pemerintah desa dan kelurahan. selanjutnya kegiatan kegiatan peningkatan kapasitas pemerintah dan masyarakat bertujuan untuk menurunkan risiko bencana. program ini merupakan program replikatif unggulan yang mana telah berhasil mendorong perubahan yang sangat positif untuk semakin aktif dalam isu API PRB. beberapa hasil yang didapat adalah adanya forum masyarakat untuk API PRB yang mana forum ini juga telah menunjukkan eksistensinya dalam merespon masalah perubahan iklim. selain itu forum yang telah dibina selama satu tahun telah mandiri dibuktikan dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan dengan swakelola misalnya kegiatan pembibitan pisang di kelurahan Sutojayan.
dipenghujung program Pattiro berhasil mendorong Nota Kesepahaman antar kepala desa dan kepala kelurahan diwilayah sekitar lokasi program. adapun isi dari Nota kesepahaman itu adalah kerjasama penyelenggaraan penanggulangan Bencana dan pengelolaan perlindungan lingkungan hidup. kegiatan ini merupakan implementasi dari konsep Program APIK USAID yakni API PRB berbasis bentang Alam.
kegiatan ini sepenuhnya juga didukung oleh Pemda kabupaten Blitar mana bentuk dukungan diwujudkan untuk senantiasa bersinergis dan memberikan bantuan misalnya narsum kegiatan dll.
wujud komitmen dukungan lainya misalnya DLH Kab Blitar nantinya ketika program ini selesai akan mengarahkan program Desa kelurahan Berseri ke wilayah yang ada nota kesepahamanya. tentu respon ini sangat positif sebagai bagian membangun ketangguhan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim.

Komentar