Untad Kembangkan Peternakan Sapi Donggala

1 July 2019, 12:53
4 0 57
Gambar untuk Untad Kembangkan Peternakan Sapi Donggala
Universitas Tadulako (Untad) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), mempersiapkan program inovasi dibidang peternakan, yaitu peternakan Sapi Donggala yang merupakan ikon Sulawesi Tengah (Sulteng).
“Dalam pertemuan awal ini, kita membahas persiapan program inovasi dibidang peternakan, kita ingin ikon Sulawesi Tengah ini kita hidupkan kembali, terutama Sapi Donggala yang sudah sangat terkenal. Tetapi kita juga membahas beberapa potensi alam yang menjadi ikon Sulawesi Tengah seperti Rotan, Ebony dan lain-lain,”ucap Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appa, kepada sejumlah Media usai melaksanakan pertemuan dengan Rektor Untad, Senin (1/6/2019).
Lebih lanjut, kata Dirjen, sebagai langkah awal untuk mewujudkan pendidikan yang berbasis industri di Sulteng, program pengembangan ternak Sapi Donggala ini merupakan langkah awal. Khususnya ditahun 2019 ini, sebagaimana yang diketahui bahwa kebutuhan daging merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi.
Olehnya, kata dia, sudah menjadi tugas pemerintah untuk memenuhi swasembada pangan, terutama daging. Untuk itu, perlu adanya kerjasama antar Pemerintah Daerah dan Universitas Tadulako untuk melakukan inovasi, sehingga ikon Sapi Donggala bisa menjadi salah satu pemasok pemenuhan kebutuhan daging.
“Kita sekarang lagi mendesain mulai dari tahun pertama, kedua sampai ketiga terkait langkah-langkah apa saja yang dilakukan. Program ini juga sebagai pembelajaran baik untuk pendidikan dan masyarakat. Sehingga diharapkan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dibidang peternakan,”harapnya.
Kedepannya, kata dia, juga diharapkan adanya inovasi yang dapat melahirkan produk-produk dari peternakan tersebut, sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.
Sementara itu, Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP, menuturkan, untuk tahap pertama yang akan ternakan sebanyak 30 ekor Sapi. Lokasi peternakan tersebut di Desa Sibalaya,Kabupaten Sigi, dengan luas 10 Ha.
“Ini merupakan tantanganyang diberikan kepada Untad, alhamdulilah lokasi peternakan sudah tersedia, kandang juga sudah tersedia. Jadi sudah tersedia kurang lebih sepuluh Ha lahan untuk peternakan Sapi Donggala tersebut, kedepannya kita juga akan menambah luas lahan tersebut,”ucapnya.
Kedepannya, kata dia, pihaknya juga akan menawarkan kepada seluruh unsur pimpinan Untad untuk berinvestasi pada peternakan tersebut dengan memberikan bibit Sapi Donggala yang akan dikembangbiakan.
“Begitu cita-cita saya kedepannya, saya belum pernah mengungkapkan hal ini sebelumnya. Mudah-mudahan dapat terwujud,”tuturnya.

*Sumber: Sulteng Raya

  Komentar untuk Untad Kembangkan Peternakan Sapi Donggala

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!