UMKM Salah Satu Solusi Mengatasi Kemiskinan

25221 medium img 20180508 wa0047 640x425
AtmaGo Subang- Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menguatkan ekonomi masyarakat. Hal tersebut disampaikan Anggota DPR RI Komisi VI, Hj Linda Megawati.

“Di tengah persaingan global dan kondisi ekonomi sulit seperti sekarang, UMKM menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kemiskinan,” ujar Linda saat melaksanakan reses di dapilnya.

Namun, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini menyebut, UMKM kerap terkendala persoalan, diantaranya, kendala permodalan dan pemasaran, sehingga sulit bersaing dengan pemodal besar.

“Kurangnya permodalan bisa membuat UMKM kesulitan dalam meningkatkan kapasitas usahanya dan mengembangkan produk-produk agar bisa bersaing,” katanya.

Dalam hal ini, perlu peran serta pemerintah dalam membina UMKM dengan peningkatan kemampuan penguasaan teknologi, peningkatan kemampuan dalam mengelola usaha, dan pembinaan modal usaha.

“Untuk itu pembinaan UMKM harus dilakukan secara kontinyu agar pelaku UMKM bisa terus termotivasi melakukan berbagai kegiatan,” tegas Linda.

Dalam kesempatan resesnya, Anggota DPR RI yang mewakili Kabupaten Subang, Majalengka dan Sumedang tersebut melakukan banyak kegiatan. Diantaranya, mengunjungi sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Subang.

“Reses sangat tepat untuk mendengar langsung aspirasi masyarakat, salah satunya dengan mengunjungi pelaku UMKM kita dapat mengetahui permasalahan mereka,” tuturnya.

Sementara itu, pemilik Pondok Rabit di Jabong Desa Curugrendeng Kecamatan Jalancagak, Asep Dimyati menuturkan, dirinya mengalami kesulitan permodalan untuk membesarkan usahanya.

“Perlu tambahan modal untuk bisa lebih besar, apalagi kalau terjadi serangan penyakit, kita merugi karena kelinci rentan kena penyakit kulit,” pungkas Linda.
Sudah dilihat 61 kali

Komentar