UJI NYALI DEKATI API SAMPAI OPRASIKAN GERGAJI MESIN

2 January 2020, 19:20 WIB
2 0 198
Gambar untuk UJI NYALI DEKATI API SAMPAI OPRASIKAN GERGAJI MESIN
Doc: skill station fire , Chainsaw, Tali temali

Hari kedua Pelatihan Tanggap Darurat Bencana PMI Kabupaten Banyuwangi masih di Edotel SMKN 1 Banyuwangi, 29 Desember 2019. Semangat peserta bertambah, "persiapan uji nyali" celetuk seorang peserta mengetahui materi yang akan diberikan saat itu. Di pembelajaran hari kedua ini mereka harus mempersiapkan mental dan keberanian dalam menerima materi berikutnya.

Kali ini peserta belajar Tali temali, dimana peserta diberikan pengetahuan tentang jenis jenis simpul yang digunakan, memperkenalkan alat alat , menjelaskan funsinya dan mengajarkan tetap prioritas pada savety first atau mementingkan keamanan pada pertolongan pertama. Fasilitator memberikan pembelajaran membuat simpul untuk mngikat pada sebuah tiang, kuat bila ditarik, kedua talinya baik digunakan untuk pengaman, dan untuk usaha pertolongan , dimana dibutuhkan gerak naik dan turun melalui sebuah tali. Jenis simpul ini mudah dilepaskan. Lalu di dalam ruangan masing masing peserta dalam berkelompok mempraktekan bagaimana cara mengkaitkan, tali temali dan pemanfaatanya secara tepat aman dan menjaga keselamatan. Materi ini sangat diperlukan saat mengevakuasi korban dari ketinggian.

Pelatihan kali ini peserta dituntut berkonsentrasi penuh dalam mengoprasikan alat alat dalam Tanggap darurat Bencana kebakaran. Peserta dikenalkan dengan Apar , alat pemadam kebakaran. Setelah mendapatkan materi dan pengenalan tentang cara penggunanan APAR atau pemadam kebakaran , peserta belajar di luar lapangan. Masing masing Peserta mempraktekan tekhnik penggunaan apar, peserta menggunakan alat pemadam kebakaran ini untuk memadamkan api didalam tong yang sudah disiapkan oleh tim Fasilitator. Siang hari terik matahari menyengat dan udara memanas tidak menyurutkan semangat para relawan. Namun mereka masih tetap harus menyiapkan nyali untuk materi berikutnya.

Fasilitator mengenalkan Alat penggergaji mesin yaitu Chainsaw, dibantu tim di luar ruangan Fasilitator memperkenalkan dan menguraikan tentang fungsi dan penggunaan Chainsaw. Setelah itu masih belajar di luar ruangan, masing masing peserta ditemani satu peserta lain yang berfungsi sebagai pengontrol , dengan didampingi dan di kawal fasilitator mulai mempraktekannya. Mulai dari mengaktifkan tombol power on off, menarik tuas, dan memastikan mesin hidup kemudian mengoprasikanya untuk menebang pohon. Suara Chainsaw yang berisik menambah semangat dan rasa penasaran pada relawan untuk segera mendapat giliran mengoprasikan alat tersebut. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk memudahkan dan membantu relawan saat menebang pohon, ini merupakan bagian pelatihan tanggap darurat bencana badai , kecelakaan, gempa atau bencana lainnya yang mengakibatkan pohon tumbang.

- PMI Kabupaten Banyuwangi 2019
-TDB Hari kedua 29/12/2019

  Komentar untuk UJI NYALI DEKATI API SAMPAI OPRASIKAN GERGAJI MESIN

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. VERIFIKASI NO HP TERDAFTAR UNTUK PROGRAM KJP PLUS DAN KJMU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jatinegara, Jakarta Timur  |  6 Apr 2020
  2. PENDAFTARAN DAN PENGKAITAN REKENING KJP PLUS DAN KJMU KE JAKONE MOBILE

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilincing, Jakarta Utara  |  6 Apr 2020
  3. Data Penerima Bantuan Sosial Terdampak COVID-19 Kota Bekasi

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bekasi Kota  |  19 jam
  4. Keseriusan Warga BTN Kopang dalam Pencegahan COVID - 19

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020

Komentar Terbanyak

  1. 6
    Komentar

    Resep Brownies Chocolatos Sebagai Bekal Stay Home

    Dortayanfa Dortayanfa  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  9 Apr 2020
  2. 5
    Komentar

    FAMILY QUALITY TIME.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  3. 4
    Komentar

    Dendek Pagah!

    Dortayanfa Dortayanfa  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 jam
  4. 4
    Komentar