Uang Bekerja Untuk Kita, Bukan Kita Bekerja Untuk Uang

68052 medium 2016 05 31 cashflow quadrant
Mungkin nama Robert T. Kiyosaki sudah tidak asing ditelinga kita. Dia adalah penulis buku Rich Dad Poor Dad, dan The Cash Flow Quadrant yang menjadi best seller di seluruh dunia. Karyanya telah di terjelahkan ke berbagai bahasa, dan menjadi panduan penting bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha dan investor.

“Banyak orang bergumul dengan kesulitan finansial yang sebenarnya disebabkan mereka bertahun-tahun sekolah tapi tidak belajar apapun tentang uang. Hasilnya, orang bekerja untuk mendapatkan uang, dan tak pernah belajar bagaimana uang bekerja untuk mereka.” Itulah salah satu kutipan Robert T. Kiyosaki yang terkenal.

Nah, dalam artikel ini kita akan sedikit berkenalan dengan Cash Flow Kuadran yang diajarkan oleh Robert T. Kiyosaki. Dengan mengenal Cash Flow Kuadran ini semoga kita tahu posisi dikuadran mana kita saat ini.

1. Employee (Karyawan)
Dikuadran ini kita perlu pekerjaan. Menukar waktu dengan uang. Contohnya kita bekerja di sebuah perusahaan, dengan begitu kita mendapatkan gajian atas pekerjaan kita.

2. Self Emloyee (Profesional)
Kita bekerja untuk diri sendiri. Menukar waktu dengan uang. Contohnya kita sebagai seorang professional baik akuntan, dokter, penulis. Kita menggunakan kemampuan kita untuk dibayar.

3. Bisnis (Pengusaha)
Orang lain bekerja untuk kita. Menukarkan waktu orang lain dengan uang. Contohnya kita mendirikan sebuah usaha, kemudian dengan usaha tersebut kita mampu membayar orang lain.

4. Investor (Investor)
Uang kita bekerja untuk kita. Melipatgandakan uang. Contohnya ketika kita menginvestasikan uang kita pada sebuah perusahaan, ketika perusahaan semakin maju maka kitapun akan mendapatkan penghasilan lebih banyak takpa kita terlibat didalamnya.

Itulah sekilas tentang Cash Flow Kuadran, berada dikuadran manakah kita? Yuk mulai saat ini belajar kecerdasan finansial supaya kita “melek finansial”: uang bekerja untuk kita, bukan kita bekerja untuk uang seperti yang dikatakan oleh Robert T. Kiyosaki. Semoga bermanfaat! #atmaGobanten #pengembangandiri

Sudah dilihat 45 kali

Komentar