Transjakarta Tujuan Ragunan Padat

5271 medium transjakarta tujuan ragunan padat
Antrean panjang terjadi di Halte Transjakarta Dukuh Atas 2, Jakarta, Kamis (7/7/2016). Warga memilih berpergian pada hari kedua Lebaran, salah satunya berekreasi ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan.

Halte Dukuh Atas 2 melayani Koridor 6 tujuan Ragunan dan koridor 4 tujuan Pulo Gadung. Namun, antrean hanya terjadi di Koridor 6. Adapun koridor 4 sepi penumpang.

Para penumpang kebanyakan adalah rombongan keluarga yang ingin menuju kebun binatang.

"Dari pagi sekitar jam 07.00 sudah ramai," kata seorang petugas.

Penumpang harus mengantre hingga tiga bus berlalu. Bus menuju Ragunan ada pula yang diberangkatakan dari Monas dan sudah penuh ketika melintas di Dukuh Atas.

Dua petugas disiagakan untuk mengatur antrean dan mengingatkan penumpang agar tidak terpisah dengan rombongannya.

Tidak ada penumpang yang turun naik di halte-halte setelah Dukuh Atas 2. Di sepanjang Jalan Rasuna Said, Kuningan, antrean baru terjadi di Halte Kuningan Timur. Halte ini merupakan transit bagi Koridor 9 Pinang Ranti - Pluit.

Menyambut libur Lebaran, PT Transportasi Jakarta menyediakan enam rute tambahan bus transjakarta dengan tujuan tempat-tempat wisata di Jakarta.

Enam rute tambahan yang dioperasikan adalah Kampung Rambutan-Ancol, Harmoni-Ancol, Kampung Melayu-Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Grogol-TMII, Senen-Ragunan, dan Lebak Bulus-Ragunan.

Selama libur Lebaran ini, jumlah penumpang Transjakarta diperkirakan mengalami penurunan.

Berdasarkan pemantauan pihak Transjakarta selama tiga hari terakhir, jumlah penumpang transjakarta turun hampir 30 persen, yakni dari rata-rata 370.000 penumpang per hari menjadi 270.000 penumpang.

Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph mengatakan, penurunan jumlah penumpang ini diperkirakan akan terus terjadi sampai akhir libur Lebaran.

Oleh karena itu, jumlah bus yang dioperasikan akan dikurangi hingga 50 persen, dari biasanya 800 bus jadi 400 bus.

"Pengurangan bus ini tak akan mengganggu pelayanan karena jarak ketibaan antarbus di halte tetap kami atur dan kami pantau," tuturnya.

Humas PT Transjakarta Prasetia Budi menambahkan, selama libur Lebaran, 4 Juli hingga 10 Juli, transjakarta tetap beroperasi dari pukul 05.00 sampai dengan pukul 22.00.

Layanan transjakarta di malam hari (Amari) dan angkutan dini hari (Andini) tetap beroperasi mulai pukul 22.00 sampai dengan pukul 05.00.

Selain bus reguler, PT Transjakarta juga tetap mengoperasikan bus tingkat. Ada dua rute wisata bus tingkat, yakni rute sejarah Jakarta yang menuju Kota Tua serta rute Jakarta modern yang mengarah ke Plaza Indonesia. Bus gratis rute Senayan-Harmoni juga tetap beroperasi selama libur Lebaran.

Komentar