TRADISI KELILING KAMPUNG SAAT KHITANAN MASIH TERJAGA

23 June 2019, 16:34 WIB
7 0 94
Gambar untuk TRADISI KELILING KAMPUNG SAAT KHITANAN MASIH TERJAGA
Kragilan | Tradisi atau Budaya keliling yang dilakukan oleh masyarakat kp. gelingseng desa pematang kecamatan kragilan kabupaten serang provinsi banten ketika selametan khitanan anak dan masih terjaga hingga saat ini, dimana anak yang di khitan diajak keliling kampung naik delman dan naik mobil odong-odong bersama keluarga besarnya (23/06/2019)

Tradisi seperti ini masih sangat dijaga dan dipertahankan kelestariannya oleh sebagian masyarakat namun tradisi ini sedikit berbeda dengan tradisi dahulu dimana hanya pengantin sunat yang diperbolehlan naik kuda sedangkan yang lainnya ngarak dari belakang dan tentu biaya yang dikeluarkan sedikit berbeda dengan sekarang harus mengeluarkan uang yang banyak untuk menyewa mobil  losbak, kendang, delman dan mobil odong-odong tentunya bagi masyarakat yang kurang mampu tidak bisa melakukannya karena terkendala biaya. sehingga tradisi ini seiring dengan waktu hampir punah meskipun begitu bagi yang mampu tetap melestarikan tradisi ini agar tidak punah.

salah satu warga pematang yayat rohati mengungkapkan, tradisi keliling kampung saat khitanan anak ini sudah dilakukan oleh para penddahulunya namun sangat berbeda caranya, dulu hanya pake kuda khusus untuk anak yang di khitan kemudian di arak kalau sekarang yang dikhitan dan yang ngarak sama-sama naik kendaraan.

"tradisi ini sudah lama dilakukan oleh orang-orang sebelum kita cuma kalau dulu hanya yang di khitan yang naik kuda kalau sekarang bukan naik kuda tapi naik delman, mobil odong-odong dan sewa mobil kendang juga." ungkapnya saat ditanya.

#AtmaGoBanten
#Berbagiituindah

  Komentar untuk TRADISI KELILING KAMPUNG SAAT KHITANAN MASIH TERJAGA

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!