TPA Panembong Subang Sudah Over Capacity

41184 medium tpa panembong
SUBANG– Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Panembong yang berada di Kelurahan Parung, Subang diprediksi tidak bisa lagi menampung sampah pada tahun depan.

Kondisi tersebut dikarenakan TPA satu-satunya di Kabupaten Subang itu sudah melebihi kapasitas over capacity. Saat ini volume sampah yang ditampung di TPA semakin meningkat.

Kepala Unit Pelayanan Teknis TPA Panembong, Yaya Sunarya mengatakan pada 2017 lalu, rata-rata per hari 12 ton sampah masuk ke TPA Panembong.

Sedangkan sejauh ini pada 2018 naik menjadi 40 ton perhari sampah yang masuk. Padahal, idealnya TPA Panembong hanya mampu menampung sekitar 20 ton perhari

Dengan volume sampah yang masuk, lahan seluas 6,5 hektare area TPA sudah nyaris tidak menampung. Yaya memprediksi, TPA Panembong hanya mampu menampung sampah hingga setahun ke depan.

“Sampah yang masuk terus bertambah, sementara luas lahan tidak bertambah. Tahun depan, sepertinya sudah tidak menampung lagi,” kata Yaya kepada wartawan, Kamis (29/11/2018).

Menurut Yaya, dirinya sudah menyarankan ke Pemkab untuk membebaskan tanah seluas 17 hektare yang ada di sekitar TPA saat ini. Namun, saran itu digubris pemerintah. Kondisi ini akan berdampak fatal, jika tidak segera diantisipasi dan dicari solusinya.

Dampaknya warga di daerah TPA Panembong, terancam banjir sampah, karena TPA yang ada sudah tidak mampu menampung sampah. Warga meminta, pemerintah segera gerak cepat untuk menangani masalah sampah tersebut.

“Kita yang tidak jauh dari TPA posisinya serba salah. Saat kemarau, kita dapat baunya, apalagi pas musim hujan. Nah kalau TPA sudah gak bisa nampung lagi, dampaknya lebih fatal lagi, khususnya warga di sini,” kata Adih.

Warlan Putra
Sudah dilihat 14 kali

Komentar